Senin, 26 April 2021 21:50

Siap-siap! "Raika" akan Tegas Bubarkan Kerumunan di Makassar

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Siap-siap! "Raika" akan Tegas Bubarkan Kerumunan di Makassar

Danny membentuk Satgas Pengurai Keramaian atau disingkat Raika.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lonjakan Covid-19 di India dengan varian baru membuat Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto merasa was-was.

Apalagi musim mudik lebaran semakin dekat. Banyak yang berencana mudik. Karenanya, Danny mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik lebaran.

“Kita ikuti instruksi pusat, ini usaha pemerintah untuk mengurangi lonjakan Covid-19. Ini wajib kita laksanakan. Seluruh ASN, kontrak sekalipun tidak ada yang mudik. Kita belajar dari India,” kata Danny, usai melakukan rapat koordinasi Makassar Recover, Senin (26/4/21).

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Ada beberapa hal yang dilakukan untuk mewujudkan instruksi pusat tersebut. Salah satunya Danny membentuk Satgas Pengurai Keramaian atau disingkat Raika.

Raika nanti bertugas mengurai keramaian di tempat umum seperti di cafe-cafe, tempat nongkrong dan pusat perbelanjaan hingga memantau perbatasan. Danny meminta hal itu dilakukan secara massif dan persuasif.

“Jadi Satpol kita turun langsung mengurai keramaian yang ada. Kita harus terus sosialisasikan protokol kesehatan dengan ketat. Sesuai salah satu garis besar teerciptanya Makassar Recover yakni adaptasi sosial,” ucapnya.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Dengan begitu Danny berharap Kota Makassar akan keluar menjadi kota pertama terbebas Covid-19 di Indonesia. Tak hanya itu, ia juga berharap pemulihan ekonomi cepat terealisasi.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Danny jiga menekankan agar vaksin terus dilakukan ke semua warga kota Makassar terkhusus guru, lansia dan anak-anak.

Rencananya juga, skema vaksin akan diperkecil dari RT ke RT. Event-event pun, kata Danny akan ditindaki lebih tegas jika mengadakan keramaian tanpa protokol kesehatan. Izin pembuat kegiatan akan dicabut.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

“Seminggu sebelum lebaran tim detektor Makassar Recover akan turun langsung untuk mempercepat pergerakan Makassar Recover. Tim Raika juga punya tugas yang sangat penting dalam menentukan berhasil tidaknya Makassar keluar dari pandemi,” tutur Danny.

Rapat Kordinasi tersebut dihadiri oleh Ketua Makassar Recover, Plt Kadis Kesehatan, Plh Kadis Pariwisata, Plt Kadis Pendidikan, Kadishub, Kasatpol PP dan Master Covid.

Penulis : Usman Pala
#pemkot makassar #Makassar Recover