Sabtu, 24 April 2021 10:20
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.
Editor : Nur Hidayat Said

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, berharap jalur penerbangan rute Toraja-Kalimantan segera dibuka.

 

Hal ini disampaikannya saat menerima kunjungan dari General Manager PT Garuda Indonesia Makassar, Putu Tedy Wiryawan, di rumah jabatan Wakil Gubernur Sulsel.

Dalam pertemuan tersebut juga membahas implementasi program dari PT Garuda secara nasional, yakni harga tiket NKRI. Plt Gubernur pun menyambut baik program NKRI yang dicanangkan PT Garuda Indonesia.

Pembukaan rute penerbangan akan membuka peluang lebih besar bagi potensi ekonomi. Bisa menjadi pemantik untuk mengangkat pariwisata Toraja.

Baca Juga : PKK Sulsel Gelar Ramadan Festive 2024

Ia pun menyambut baik adanya direct call cargo ke luar negeri. Serta diharapkan bisa ke negara lainnya, mengingat banyak peluang ekspor dari Sulsel, khususnya hasil pertanian dan kelautan.

 

"Kami juga berharap segera dibuka rute penerbangan Toraja ke Kalimantan. Apalagi, banyak orang Toraja yang tinggal dan bekerja di Kalimantan, seperti bekerja di sektor pertambangan," ungkap Andi Sudirman, Jumat (23/4/2021).

Sementara itu, Putu Tedy Wiryawan mengatakan dengan implementasi program NKRI diharapkan Garuda bisa membantu mengakomodasi perjalanan dinas ASN, TNI/Polri, serta instansi maupun lembaga. Di luar program tersebut, ada pula rencana penerbangan pengiriman barang langsung atau direct call cargo Makassar menuju Shanghai, Tiongkok. Penerbangan ini untuk mengakomodaso kemudahan perdagangan beberapa produk atau komoditas dari atau yang masuk ke Sulsel.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

"Implementasi program NKRI bahwa Garuda telah memberikan penyesuaian harga untuk perjalanan dinas sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Keuangan," ujar Putu Tedy Wiryawan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada Kamis (18/3/2021) meresmikan Bandara Buntu Kunik di Tana Toraja. Peresmian ditandai dengan pemukulan gendang Toraja dan penandatanganan prasasti yang didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Dalam kesempatan itu presiden menyatakan terus mendorong agar penyelesaian bandara dilakukan secepatnya. Ia pun menyampaikan rasa syukurnya karena bandara ini juga telah beroperasi dengan baik melayani penumpang.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

"Hampir setiap enam bulan selalu saya tanyakan kepada Menteri Perhubungan Kapan airport di Tana Toraja bisa selesai?, dan akhirnya hari ini bisa kita resmikan dan sudah beroperasi. Kita patut bersyukur alhamdulillah," kata Jokowi saat itu.

Penulis : Syukur