Jumat, 23 April 2021 13:51
Ilustrasi
Editor : Fathul Khair Akmal

RAKYATKU.COM - India kini tengah mengalami gelombang kedua tsunami Covid-19. Beberapa hari lalu, kasus harian mencetak rekor dunia, 300.000 orang di negara tersebut.

 

Kementerian Kesehatan, mengungkapkan adanya kedatangan banyak warga negara India ke Indonesia.

"Terkait kedatangan WNI dan WNA, kemarin sudah banyak warga India masuk ke Indonesia, banyak sekali," katanya sebagaimana dilaporkan detik, Kamis (22/4/2021).

Baca Juga : Wali Kota Makassar Ingatkan Varian Baru Covid-19

Mereka, kata dia, datang dari jalur udara melalui Bandara Soekarno-Hatta. Warga India, juga diidentifikasi berada di Samarinda dan positif corona.

 

"Kami hari ini telah lakukan pemantauan perketat, karena informasi ada eksodus," katanya.

Menurutnya lagi, warga India yang datang sudah dikarantina di satu hotel. Ini dilakukan untuk mengawasi ancaman varian baru.

Baca Juga : Waspada! COVID-19 Varian XBB Terdeteksi di Indonesia

"Mereka banyak masuk mempunyai Kitas (kartu izin tinggal terbatas) dan pakai visa. Ini mungkin yang menjadi tugas juga dari Imigrasi," kata Bengat lagi.

Sementara itu Ketua BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo, yang juga hadir meminta Ditjen Imigrasi dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bertindak cepat.

"Saya baru tahu nih ada WNA bisa masuk ke Indonesia. Ini informasi penting, tolong didalami, karena kita ini masih melakukan pelarangan WNA masuk, kecuali kalau dia punya Kitas, di luar itu tidak boleh," katanya.

Baca Juga : Berlaku 17 Juli 2022, Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Perjalanan Dalam dan Luar Negeri

"Dirjen Imigrasi dan Kemlu, tolong jangan sampai kita membiarkan kedatangan WNA. Satu sisi mudik tidak boleh, tapi ada WNA yang difasilitasi."

TAG