Kamis, 04 Maret 2021 07:59

Danlantamal VI Disambut Badik saat Berkunjung ke Takalar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Danlantamal VI Disambut Badik saat Berkunjung ke Takalar

Wabup menyampaikan apresiasi atas kesediaan Komandan Lantamal VI beserta rombongan berkenan melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Takalar.

RAKYATKU.COM -- Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar, Laksamana Pertama TNI Dr Benny Sukandari, SE, MM, CHRMP berkunjung ke Takalar, Rabu (3/3/2021).

Dia diterima di rumah jabatan wakil bupati Takalar. Sebelum masuk, Danlantamal VI "diadang" seorang pria berbaju adat Bugis-Makassar. Berwarna merah darah dipadu sarung warna senada dengan corak kotak-kotak.

Pria itu memegang badik terhunus. Pengadangan ini bukan bermaksud mencederai Danlantamal VI. Ini adalah tari Angngaru untuk menyambut tamu-tamu kehormatan.

Baca Juga : Hilang di Kebun Tebu, Warga Takalar Ditemukan Meninggal Dunia

Ritual ini menyampaikan makna simbolis bahwa tamu yang berkunjung akan dijamin keselamatan dan kenyamanannya selama berada di Kabupaten Takalar.



Usai ritual Angngaru, dilanjutkan dengan prosesi pengalungan kain sutra yang juga merupakan tradisi penyambutan tamu kehormatan.

"Selamat datang di Kabupaten Takalar, Jenderal," kata Wakil Bupati Takalar, Ahmad Daeng Se're.

Wabup menyampaikan apresiasi atas kesediaan Komandan Lantamal VI beserta rombongan berkenan melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Takalar.

Sementara Danlantamal VI Makassar menyampaikan terima kasih dan rasa bangga serta penghargaan yang tinggi kepada wakil bupati Takalar atas penyambutannya.

Mereka diterima dengan baik dengan penuh khidmat. Mulai acara adat dari prosesi anggaru dan pengalungan kain sutra. Menurutnya, ini sangat luar biasa. Gambaran rasa senang dan gembiranya Kabupaten Takalar dikunjungi Danlantamal VI beserta rombongan.

Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal VI Makassar menyerahkan cendera mata kepada wakil bupati Takalar. Dilanjutkan kunjungan kerja meninjau rencana lahan pos TNI AL.

#takalar #Lantamal VI