Senin, 01 Maret 2021 14:33

Hari Pertama Masuk Kantor, Andi Utta ke Jajarannya: Banyak Kerja, Sedikit Bicara

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hari Pertama Masuk Kantor, Andi Utta ke Jajarannya: Banyak Kerja, Sedikit Bicara

Muchtar Ali Yusuf memberikan penekanan pada tata kelola dan cara kerja birokrasi.

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf dan wakilnya Andi Edy Manaf berkantor untuk kali pertama Senin (1/3/2021). Muchtar dan Edy disambut Forkopimda, serta para pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba.

Rehat sejenak di ruang kerja Bupati, Andi Utta sapaan akrab A Muchtar Ali Yusuf bersama Wakil A. Edy Manaf menuju Ruang Pola untuk mengikuti serah terima jabatan dari Pelaksana Harian Bupati, Misbawati A. Wawo.

Saat Penyerahan Memori Serah Terima Jabatan Bupati, Misbawati mengungkapkan bahwa ia telah melaksanakan tugas sebagai pelaksana harian bupati selama 12 hari.

Baca Juga : Jelang Mutasi, Bupati Bulukumba Endus Jual Beli Jabatan di Lingkup Pemkab

“Saya hanya melaksanakan tugas-tugas pemerintahan sesuai kewenangan. Tidak ada kebijakan strategis yang dilaksanakan,” ungkapnya.

“Jabatan ini (plh Bupati) menjadi pengalaman berharga bagi saya. Tidak menyangka mendapat amanah ini,” kata mantan Kadis DLHK ini.

Sementara itu, Bupati Muchtar Ali Yusuf dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pelaksana Harian Bupati Bulukumba Misbawati A. Wawo yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik selama masa transisi pemerintahan ini, termasuk mempersiapkan pelaksanaan pelantikan bupati dan wakil bupati beserta rangkaian acara setelahnya.

Baca Juga : Kibarkan Bendera di Tengah Guyuran Hujan, Bupati Bulukumba Berikan Bonus untuk Paskibraka

Dalam kesempatan tersebut, Andi Utta juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati dan Wakil Bupati Periode sebelumnya yang telah menyelenggarakan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan Kabupaten Bulukumba dengan segala pencapaian yang telah diraih.

“Apa yang telah dicapai pada pemerintahan sebelumnya tentu akan diteruskan dan ditingkatkan ke arah yang lebih baik,” ungkapnya.

Ia mengaku bersama Wakil Bupati Edy Manaf bertekad untuk membenahi berbagai kekurangan, maupun hambatan dan tantangan yang dihadapi selama ini.

Baca Juga : Pantau Hari Pertama PTM di Bulukumba, Wabup Buka Dompet lalu Bagi-Bagi Uang Merah

“Kami upayakan secara sungguh-sungguh untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada,” imbuhnya.

Untuk itu, ia mengharapkan dukungan dan kebersamaan dari seluruh jajaran pemerintah daerah melalui kerja keras dan kerja cerdas dalam mengakselerasi pembangunan di Kabupaten Bulukumba ke depan.

Selain memberikan gambaran seperti apa program prioritas yang akan dilaksanakan ke depan, Muchtar Ali Yusuf juga memberikan penekanan pada tata kelola dan cara kerja birokrasi. Jika dulunya, birokrasi lebih banyak menghabiskan waktu untuk berdiskusi dan rapat-rapat, maka pola kerja tersebut mesti diubah. Dimana proporsi waktu kerja harus lebih banyak, dibandingkan dengan waktu berpikir dan berbicara.

Baca Juga : Tak Perlu ke Luar Negeri Lagi, BP2MI Dorong PMI Purna Bulukumba Berwirausaha

“Inilah makna atau subtansi dari Dikerja dan Bukan Dicerita. Saatnya melakukan eksekusi atau bekerja dari apa yang kita dipikirkan, dibanding hanya menghabiskan waktu berpikir dan berbicara saja tanpa ada aksi nyata,” bebernya.

Olehnya itu ke depan, pihaknya akan melakukan pengaturan dan peningkatan SDM aparatur pemerintahan, dan juga melakukan restrukturisasi kelembagaan yang lebih efektif, guna pencapaian Visi Misi dan program prioritas pemerintah.

Ia berharap kepada para pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba untuk tidak perlu khawatir terhadap posisi atau jabatannya. Urusan Pilkada sudah selesai, saatnya saudara sekalian meningkatkan kinerja dan profesionalisme yang tinggi.

Baca Juga : Masyarakat Bulukumba yang Tak Punya IMB Siap-Siap Ditertibkan

“Tunjukkan dedikasi dan inovasi saudara dalam melaksanakan program kegiatan yang akan kita laksanakan dalam mencapai visi misi pemerintah daerah,” tutupnya.

Penulis : Rahmatullah
#pemkab bulukumba