Minggu, 07 Februari 2021 13:28

Menunjang Pembelajaran Online, Pemkab Bulukumba Tambah Area Internet Gratis

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menunjang Pembelajaran Online, Pemkab Bulukumba Tambah Area Internet Gratis

Ditahun 2021 ini, Dinas Diskominfo Kabupaten Bulukumba kembali mengadakan penambahan akses internet gratis berbasis WiFi.

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Bulukumba menuju era digital, bukan lagi hanya cerita. Pada tahun 2019 silam, pemerintah daerah melalui, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melakukan pemasangan akses internet gratis pada 12 Titik di kabupaten Bulukumba.

Ditahun 2021 ini, Dinas Diskominfo Kabupaten Bulukumba kembali mengadakan penambahan akses internet gratis berbasis WiFi. Akses menjangkau hingga area fasilitas umum yang berada di 10 Kecamatan di Bulukumba. Termasuk di tengah kota, sejumlah titik dilakukan pemasangan, utamanya area padat pengunjung.

Kasi Infrastruktur dan Teknologi Diskominfo, Mulyadi mengatakan,  pemanfaatan WiFi gratis tersebut agar dapat mempermudah masyarakat untuk melakukan aktifitas yang berbasis daring (online). Dengan adanya WiFi gratis di sejumlah kecamatan dapat mempermudah para pelajar untuk melaksanakan proses belajar yang saat ini dilakukan secara online sesuai dengan anjuran Kemendikbud mengingat saat ini masa pandemi covid-19.

Baca Juga : Jelang Mutasi, Bupati Bulukumba Endus Jual Beli Jabatan di Lingkup Pemkab

"Namun, terdapat kendala pengadaan internet gratis di pelosok desa. Hal itu disebabkan akses jaringan perusahaan dalam hal ini indi-home dan Telkom masih terbatas di pelosok," Ujarnya.

Meski demikian pihaknya akan mengupayakan akses internet gratis di pelosok desa dengan mengkondisikan anggaran yang ada dan juga akan mengkordinasikan dengan pihak yang diajak bersinergi.

Sementara itu Kadis Kominfo, H.M. Daud Kahal, mengatakan jika Kabupaten Bulukumba saat ini mencoba melakukan akselerasi dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

Baca Juga : Kibarkan Bendera di Tengah Guyuran Hujan, Bupati Bulukumba Berikan Bonus untuk Paskibraka

Selain penyediaan WiFi publik juga mendorong pembangunan infrastruktur telekomunikasi desa melalui internet desa serta membuka ruang bagi provider dalam rangka akses jaringan telekomunikasi berupa pembangunan BTS atau menara telekomunikasi dimana kondisi saat ini baru menjangkau 40 persen wilayah Kab. Bulukumba dengan 145 BTS.

Penulis : Rahmatullah
#pemkab bulukumba