Jumat, 29 Januari 2021 17:02

Usai Jalankan Misi Kemanusiaan di Sulbar, Rumah Sakit Terapung KRI SHS-990 Sandar di Makassar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Usai Jalankan Misi Kemanusiaan di Sulbar, Rumah Sakit Terapung KRI SHS-990 Sandar di Makassar

Rumah sakit terapung menolong sejumlah korban gempa Sulbar. Termasuk melakukan operasi terhadap korban yang patah tulang akibat tertimpa reruntuhan gempa.

RAKYATKU.COM -- Kapal Perang TNI AL, KRI dr Soeharso (SHS)-990 tiba kembali di Makassar, Jumat (29/1/2021). Kapal rumah sakit terapung itu baru saja usai melaksanakan misi kemanusiaan di Sulbar.

KRI SHS-990 tersebut telah banyak mengukir sejarah dalam misi kemanusiaan membantu para korban bencana alam dalam bidang pelayanan kesehatan di Indonesia.

Termasuk di Sulbar serta kejadian bencana alam dan tsunami yang menerpa Kota Palu dan sekitarnya di Sulawesi Tengah pada tahun 2018 yang lalu.

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 BI Sulsel dan Lantamal VI Makassar 

Komandan KRI SHS-990 Letkol Laut (P) Agus Joko S mengungkapkan bahwa pergerakan ke Sulbar yang dilaksanakan oleh KRI yang dikomandani olehnya ini adalah atas perintah pemimpin tertinggi TNI AL Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, untuk mendukung misi kemanusiaan yang termasuk dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

"Sebelum berangkat menuju ke Sulbar, KRI SHS-990 start dari Koarmada II berangkat dengan membawa kebutuhan pokok, trafo, tiang listrik, serta obat-obatan termasuk tenaga medis untuk dikirimkan daerah korban gempa di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat pada Jumat malam tanggal 15 Januari 2021," kata Letkol Laut (P) Agus Joko S.

Baca Juga : Doakan Prajurit Marinir TNI AL yang Gugur di Nduga Papua, Lantamal VI Gelar Doa Bersama

"Sesampainya kami di dermaga Lanal Mamuju-Sulbar pada Selasa (19/1/2021), KRI SHS-990 yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Alam TNI AL Sulbar ini melaksanakan embarkasi yang kami bawa dari Koarmada II dan pada esok harinya melayani para masyarakat yang menjadi korban bencana alam gempa di Sulbar," ujarnya.

"Sudah banyak pasien yang terdampak gempa yang berhasil kami tolong, di antaranya melaksanakan operasi pada para warga korban patah kaki karena terhimpit oleh runtuhan bangunan akibat gempa yang melanda Sulbar pada Jumat dini hari (15/1/2021)," tambahnya.

"Sudah kedua kalinya KRI SHS-990 melaksanakan tugas misi kemanusiaan di Pulau Sulawesi ini, yang sebelumnya juga kami terlibat dalam satgas bantuan pelayanan kesehatan bagi para korban bencana alam gempa dan
tsunami yang terjadi di Kota Palu Sulawesi Tengah dan sekitarnya," ungkap komandan KRI SHS-990 ini.

Baca Juga : TNI AL Teliti Lebih Lanjut Dua Benda Mirip Rudal yang Ditemukan di Selayar

Letkol Laut (P) Agus Joko mengatakan bahwa saat ini KRI SHS-990 sandar di Makassar untuk debarkasi para anggota Satgas Penanggulangan Bencana Alam TNI AL Sulbar yang berasal dari Lantamal VI dan Yonmarhanlan VI serta material yang digunakan di Mamuju.

"Di Makassar ini juga kami melaksanakan bekal ulang (bekul) untuk melanjutkan pelayaran kembali menuju Koarmada II di Surabaya," lanjutnya.

 

#rumah sakit terapung #Lantamal VI