Senin, 25 Januari 2021 17:05

Wakil Ketua DPRD Jeneponto Minta Lurah Panaikang Perbaiki Data Warga Miskin

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Ketua DPRD Jeneponto Minta Lurah Panaikang Perbaiki Data Warga Miskin

Dia bilang, untuk mewujudkan Jeneponto SMART maka salah satu hal mendasar yang harus mendapatkan perhatian untuk diperbaiki dan dibenahi adalah data riil kondisi masyarakat sampai di lapisan terbawah.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO -- Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jeneponto menyimpulkan beberapa program usulan prioritas dalam forum musrenbang di Kelurahan Panaikang, Kecamatan Binamu.

Musrenbang tingkat Kelurahan Panaikang Kecamatan Binamu dihadiri oleh dua orang anggota DPRD Jeneponto yang tergabung dalam fraksi Persatuan Pembangunan Rakyat atau FPPR.

"Saya dua hadir dalam musrenbang keluarahan, saya dari partai PPP yang juga Wakil Ketua DPRD Jeneponto dan Abdula Rasyid Bella dari Partai Hanura," terang Imam Taufiq Bohari, kepada Rakyatku.com, Senin (25/1/2021).

Baca Juga : Warga Jeneponto Boleh Salat Idulfitri di Lapangan atau di Masjid

Dia menyebutkan, bahwa dalam forum musrenbang tersebut muncul beberapa usulan dari masyarakat. Namun kata dia, karena terdapat keterbatasan anggaran maka setiap usulan harus dipilah dengan menggunakan skala prioritas.

"Kita harus mampu memilah antara keinginan dengan kebutuhan sehingga semua elemen masyarakat harus bermufakat untuk mengusulkan program yang dianggap sangat mendesak dan dibutuhkan oleh masyarakat banyak," sebutnya

 

Ketua DPC PPP Jeneponto itu, menambahkan bahwa usulan-usulan program pembangunan yang masuk dalam forum musrenbang tersebut juga dapat diarahkan untuk pendanaannya ke APBD provinsi maupun untuk program nasional pemerintah.

Baca Juga : Iksan Iskandar Larang Takbir Keliling dan Open House

Dalam sesi dialog pada forum Musrenbang tersebut terungkap bahwa dari sekian banyak usulan program maka ada dua program kegiatan yang masuk kategori mendesak untuk segera ditindaklanjuti.

"Seperti perbaikan plat decker untuk mengatasi masalah banjir atau luapan air yang selalu terjadi setiap tahun dan pembukaan bangunan Pustu yang sudah sekian lama selesai bangunannya, tetapi sampai sekarang tidak dapat di fungsikan karena ada kendala teknis terkait penyelesaian bangunan," bebernya

Dia menegaskan, untuk mengatasi masalah yang dianggap urgen akan segera berkoordinasi dengan Dinas terkait.

Baca Juga : Beri Kenyamanan Warga, Bupati Jeneponto Tinjau Posko Terpadu di Bontosunggu

"Setiap masalah akan mendapatkan solusi jika semua stakeholders membuka ruang komunikasi dan koordinasi serta didukung dengan adanya kemauan dan komitmen bersama, untuk melakukan perbaikan demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya

Diakhir penyampaian Wakil Ketua DPRD Jeneponto Imam Taufiq Bohari, dia memberikan apresiasi kepada semua pihak dan perwakilan OPD yang hadir dalam forum musrenbang, sembari memberikan masukan dan tantangan kepada Pak Lurah Panaikang.

"Tantangan itu, ntuk melakukan perbaikan data base kependudukan yang berhubungan dengan data kemiskinan, pertanian maupun data tentang kesehatan," paparnya

Baca Juga : Peringati Hardiknas, Kadisdikbud Jeneponto: Tidak Ada yang Boleh Putus Sekolah

Dia bilang, untuk mewujudkan Jeneponto SMART maka salah satu hal mendasar yang harus mendapatkan perhatian untuk diperbaiki dan dibenahi adalah data riil kondisi masyarakat sampai di lapisan terbawah.

"Supaya program-program pemerintah untuk bantuan sosial, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat tepat guna dan berdaya guna," tutup Imam Tufiq Bohari

Hadir dalam forum musrenbang yang dibuka oleh Kepala Wilayah Kelurahan Panaikang dan beberapa perwakilan OPD Bapppeda, Dinas Pertanian,Dinas Kesehatan, Dinas PMD, Kesbangpol, Perdagin, Badan Ketahanan Pangan dan Kepala Wilayah Kecamatan Binamu.

Penulis : Samsul Lallo
#DPRD Jeneponto #Pemkab Jeneponto