Rabu, 30 Desember 2020 14:39

Pemerintah Pangkas Target Penerima Bansos Tunai Tahun Depan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jumlah sasaran bansos 2021 sesuai dengan realisasi tahun ini sebanyak 18 juta.

RAKYATKU.COM - Pemerintah akan memangkas target penerima bantuan sosial (bansos) tunai untuk 2021 nanti. Dari tahun ini sebanyak 20 juta, tinggal 18 juta untuk tahun depan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan, jumlah sasaran bansos turun karena realisasi tahun ini sebanyak 18 juta.

"Untuk bantuan sosial pada 2021 akan berjalan seperti biasa skemanya juga sama memang beberapa ada revisi misalnya untuk PKH tetap keluarga penerimanya ada 10 juta," kata Muhadjir, dikutip dari Detik, Rabu (30/12/2020).

"Untuk bantuan sosial tunai itu dari target tahun ini yang 20 juta itu hanya tercapai 18 jutaan, karena itu nanti bantuan sosial tunai itu akan disalurkan 18 juta keluarga penerimaan manfaat. Kenapa kok tidak 20 juta, memang target 2020 hanya mencapai 18 juta, jadi bukan pengurangan," sambungnya.

Baca Juga : RSUD Nene Mallomo Sidrap Terima Penghargaan Kemensos

Bansos tahun ini berjalan dengan baik. Muhadjir menyampaikan, realisasi penyaluran rata-rata di atas 90%.

"Kita harapkan akhir sudah tuntas baik PKH atau bantuan program keluarga harapan, bantuan sembako yang itu memang diberikan keluarga penerima yang sudah dilaksanakan baik sebelum COVID maupun ketika COVID terjadi," ujarnya.

Sumber: Detik

#Bansos Tunai #Kementerian Sosial