Kamis, 26 November 2020 11:14

40 Pelaku UMKM Palopo Dilatih Bikin Produk Bumbu Instan

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
40 Pelaku UMKM Palopo Dilatih Bikin Produk Bumbu Instan

Kegiatan kewirausahaan UMKM ini sebagai upaya mempertahankan perekonomian masyarakat.

PALOPO - Dinas Koperasi dan UKM Kota Palopo bekerjasama dengan Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar pelatihan pengolahan serai, lengkuas dan cabai menjadi produk bumbu yang dilaksanakan di Aula Dinas Koperasi dan UKM kota Palopo, Kamis, 26 November 2020.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Dorkas Batan menyampaikan, kegiatan pelatihan diikuti 40 peserta UMKM yang akan dilakukan selama tiga hari mulai 26 hingga 28 November 2020. Tujuannya, agar pelaku UMKM bisa mengetahui bagaimana hasil perkebunan berupa serai, lengkuas dan cabai bisa diolah menjadi produk bumbu.

Asisten III Administrasi Umum Setda Kota Palopo, dr. Ishaq Iskandar yang membuka kegiatan pelatihan dalam sambutannya menyampaikan, dalam rangka melaksanakan kegiatan kewirausahaan UMKM yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM kota Palopo bersama pelaku UKM sebagai upaya mempertahankan perekonomian masyarakat.

Baca Juga : 

Adanya pandemi Covid-19 para pelaku UMKM tidak seharusnya diam akan tetapi dapat menangkap peluang bisnis seperti yang dilaksanakan saat ini yaitu pengolahan serai, lengkuas dan cabai yang akan dijadikan bumbu masak instan.

"Khususnya para petani serai, lengkuas dan cabai dapst menambah wawasan lagi dengan cara mengelola secara langsung hasil kebunysng dikelola sehingga tidak sekedar menanam saja tetapi juga berbisnis mengolah serai, lengkuas dan cabai menjadi bumbu rempah instan," paparnya.

Kegiatan pelatihan dihadiri pula narasumber dari Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Provinsi Sulawesi Selatan.

#pemkot palopo