Senin, 23 November 2020 11:03

Hasil Tes Covid-19 Hidung Kanan dan Kiri Berbeda, Ini Penjelasan Ahli

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

"Saya nggak pernah nemu yang kaya gitu karena biasanya kalau di kita itu iya kalau ngambil swab hidung itu pasti hidung kanan dan hidung kiri, dijadikan satu media," kata dr Thyrza.

RAKYATKU.COM - Penyanyi Erykah Badu dinyatakan positif Covid-19 usai melakukan tes. Namun, ia bingung dengan hasil tesnya dan membagikan ceritanya di media sosial.

"Tidak ada gejala. Sudah diuji Covid-19, dengan mesin yang sama. Lubang hidung kiri positif, lubang hidung kanan negatif," tulis Badu dikutip laman Billboard, Senin (23/11/2020).

"Lucunya, dokter hanya melaporkan hasil yang positif saja. Apa yang terjadi di sini," lanjutnya.

Menanggapi hal ini, dr Thyrza Laudamy Darmadi SpPK, spesialis patologi klinik dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya menjelaskan fenomena seperti itu tak umum terjadi.

Baca Juga : Sebelum Tes Kesehatan Pertama, Calon Prajurit TNI AL Makassar Jalani Swab Antigen

Itu karena biasanya hasil tes Covid-19 menggabungkan hasil swab hidung kiri dan kanan dalam satu media.

"Saya nggak pernah nemu yang kaya gitu karena biasanya kalau di kita itu iya kalau ngambil swab hidung itu pasti hidung kanan dan hidung kiri, dijadikan satu media," kata dr Thyrza.

"Nggak pernah hidung kanan diperiksa satu media sendiri, hidung kiri di media sendiri, nggak ada, jadi biasanya hidung kanan dan kiri dijadikan satu di dalam satu media, dan satu media itu yang kita periksa, jadi termasuk dalam satu sampel," lanjutnya.

Baca Juga : Satgas Covid-19 Unhas Fasilitasi Tes Swab PCR Gratis, Ini Nomor Kontak dan Link Pendaftarannya

dr Thyrza menyebut kemungkinan fenomena ini terjadi karena ada kesalahan dalam pengambilan sampel. Bisa saja hasil negatif dari hidung kiri maupun kanan karena sampel yang diambil di hidung tidak terlalu dalam.

"Nggak sih, kalau menurut saya bisa terjadi seperti itu bisa saja yang negatif itu memang dia tidak tercolek aja memang tidak terkena aja gitu teknik pengambilan swab-nya," bebernya.

"Sebenarnya sih kalau pengambilan yang benar itu nggak masalah mau dari kanan dari kiri itu pasti dia akan ketemu nya di ujung di pojok itu di satu posisi yang sama, gitu, jadi jangan salah bukan di lubang hidungnya, kita tuh swab bukan di lubang hidungnya tapi nasofaring, nasofaring itu adalah di bagian yang ujung," urainya.

Baca Juga : Penjual dan Pembeli Swab PCR Palsu Ditangkap, Ternyata Begini Cara Kerjanya hingga Perdaya Korban

Sumber: Detik

#swab test corona #Tes Covid-19