Senin, 16 November 2020 00:03

Bantu Ratusan UMKM Masuk Ekonomi Digital, Grab-Kalla Group Luncurkan UMKM Hunt x #TerusUsaha

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bantu Ratusan UMKM Masuk Ekonomi Digital, Grab-Kalla Group Luncurkan UMKM Hunt x #TerusUsaha

Melalui program ini, lebih dari seratus pelaku UMKM lokal di Kota Makassar terpilih akan diberikan kesempatan untuk memasarkan produknya dalam exhibition di Nipah Mall.

RAKYATKU.COM - Grab, aplikasi super terdepan di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan peluncuran program UMKM Hunt x #TerusUsaha di Makassar.

Bekerja sama Kalla Group, perusahaan terbesar di Indonesia Timur, program ini menjadi yang pertama di Makassar untuk memberikan pelatihan, kesempatan promosi, serta fokus untuk mendigitalisasi ratusan UMKM lokal Makassar agar dapat menjadi bagian dari ekonomi digital yang terus berkembang.

Program ini menjadi bagian dari kampanye "Siagang" yang dihadirkan Grab untuk merayakan hari jadi ke-413 Kota Makassar.

Baca Juga : Sambut Kemerdekaan, PT Bumi Karsa Tanam 1000 Pohon Mangrove

Melalui program ini, lebih dari seratus pelaku UMKM lokal di Kota Makassar terpilih akan diberikan kesempatan untuk memasarkan produknya dalam exhibition di Nipah Mall.

Peluncuran dihadiri mantan Wapres RI, H Muhammad Jusuf Kalla; Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejateraan Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Firda; Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Evy Aprialti; Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi; dan CEO Kalla Development Construction, Zumadi SM Anwar.

Neneng Goenadi, Managing Director of Grab Indonesia, menjelaskan misi GrabForGood untuk terus membawa dampak positif dari teknologi bagi Makassar.

Baca Juga : Sambut HUT ke-70, KALLA Gelar Lomba Penulisan dan Fotografi Nasional

"Pekan ini kami telah meluncurkan Grab Tech Center di Jakarta yang menjadi pusat riset dan teknologi untuk UMKM lokal agar dapat terus bersaing. Hari ini, Grab bangga dapat membawa satu solusi ke Makassar melalui kerja sama dengan Kalla Group untuk bersama membangun program yang akan membantu UMKM terkecil sekalipun dalam proses digitalisasi mereka. Di hari jadi ke-413 Kota Makassar, saya juga berharap kita semua dapat #TerusUsaha dalam berbagai sektor termasuk ekonomi, masyarakat, dan pariwisata. Grab terus hadir untuk Makassar, dan terus berkontribusi agar dapat maju bersama," paparnya.

Sponsored by MGID

Zumadi SM Anwar, CEO Kalla Development Construction, menyambut baik kerja sama dengan Grab dalam mendukung kemajuan pelaku UMKM Kota Makassar di tengah pandemi.

"Momen perayaan hari jadi Ke-413 Kota Makassar merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas masyarakat dan memajukan perekonomian daerah guna mendukung pemulihan ekonomi yang terdampak dari adanya pandemi. Namun, peningkatan ekonomi tidak akan terjadi jika pemerintah dan pemangku kepentingan tidak peduli dengan keberadaan UMKM yang ada di sekitar kita. Mereka butuh ruang untuk maju dan memperluas pasar, serta memasarkan produk mereka agar mudah dijangkau oleh para pembeli. Kalla Group sangat berterima kasih kepada Grab yang telah bahu-membahu untuk mewujudkan pemulihan ekonomi yang lebih baik di Kota Makassar," katanya.

Baca Juga : Sambut Temu Pendidik Nusantara 9, Kepala Disdik Makassar Serukan Merdeka Belajar di Ruang Kelas

"Di kondisi pandemi seperti saat ini semua industri mengalami kondisi sulit. Inilah yang menjadi inisiasi dan trigger kami untuk berbagi ke saudara-saudara kita di industri UMKM. Sesuai dengan tema Kalla Group tahun 2020-2021 yaitu Bangkit Bersama Ontak Indonesia, kami berharap industri UMKM, khususnya di Kota Makassar bisa bangkit dan berkembang tidak hanya skala lokal, tapi nasional bahkan internasional melalui progran im. Bagaimana caranya kita mencari ide untuk berbagi, tentunya tidak hanya berbagi dalam bentuk pendanaan namun kita memberikan pancingnya bukan ikannya. Melalui program ini, kami akan sharing bagaimana caranya pelaku UMKM bisa bertahan di kondisi pandemi. Alhamdulillah kita ketemu partner yang punya concern dan program yang sama, yaitu Grab dan BNI. Dari sinilah lahir program UMKM Hunt. Harapan dan tujuan dari program ini, kita punya beberapa UMKM binaan yang bukan hanya bisa survive di masa pandemi, namun bisa keluar Makassar bahkan go international," ungkap COO PT Kalla Inti Karsa, Ricky Theodores.

Bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kota Makassar, Dinas Pariwisata Kota Makassar, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, serta Dekranasda Kota Makassar, program UMKM Hunt x #TerusUsaha fokus pada dua hal besar, yakni transfer ilmu dan peningkatan kapasitas melalui pelatihan bagi ratusan pelaku UMKM lokal melalui online webinar dan seminar offline yang berfokus pada peningkatan perekonomian UMKM Kota Makassar melalui ekosistem digital.

Baca Juga : Yuk, ke Nipah Park! Nikmati Imagispace "Lost In Your Light"

Pemateri dalam seminar ini hadir dari berbagai kalangan termasuk COO PT Kalla Inti Karsa, Ricky Theodores; Director of East Indonesia, Grab Indonesia, Halim Wijaya; dan Pernilik Usaha Bagoster, Adhe Ardiansyah; serta Digital Content Creator, Tumming Abu.

Promosi Usaha di Nipah Mall

Untuk membantu UMKM agar lebih dikenal masyarakat, Grab dan Kalla Group pada Januari hingga Desember memberi kesempatan bagi UMKM terpilih untuk mendapatkan fasilitas booth secara gratis di Nipah Mall agar mereka bisa memasarkan produk secara langsung kepada pembeli.

Baca Juga : Konsisten Laksanakan Ragam Program, KALLA Raih Penghargaan Top CSR

Pendaftaran untuk dapat mempromosikan usaha melalui exhibition UMKM Hunt x #TerusUsaha ini akan dibuka selama dua pekan. Dimulai 14 November 2020 secara online melalui bit.ly/umkmhunt dan secara offline dengan mendatangi booth pendaftaran di Mall Ratu Indah.

Para pelaku UMKM yang sudah mendaftar akan dikurasi oleh Grab dan Kalla Group sekaligus terdigitalisasi dengan menjadi mitra merchant GrabFood atau GrabMart.

Nantinya, sebanyak 120 mitra merchant terpilih berhak mengisi booth dalam exhibition. Di akhir exhibition, lima UMKM terbaik akan mendapatkan tambahan modal usaha dari Kalla Group.

Baca Juga : Konsisten Laksanakan Ragam Program, KALLA Raih Penghargaan Top CSR

Data Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan menunjukkan, perekonomian Provinsi Sulawesi Seletan pada triwulan II tahun 2020 ini mengalami penurunan sebesar 1,08 persen apabila dibandingkan dengan triwulan III tahun 2019.

Karenanya, pada Agustus lalu, Grab telah memperkenalkan program #TerusUsaha di Makassar yang telah membantu ribuan UMKM lokai untuk masuk dalam digitalisasi melalui pelatihan, pemberian iklan gratis, serta pembaruan fitur dan teknologi dalam aplikasi Grab.

Hingga kini, sudah ada lebih dari 450.000 UMKM di Indonesia yang terdigitalisasi selama pandemi bersama Grab dan diharapkan dapat menciptakan lebih banyak lapangan kerja, selain juga menggerakkan ekonomi lokal.

Baca Juga : Konsisten Laksanakan Ragam Program, KALLA Raih Penghargaan Top CSR

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang diwakili Muhammad Firda, Asisten Ekonomi, Pembangunan mengapresiasi langkah Grab dan Kalla Group mendukung UMKM Kota Makassar.

"Pemerintah sangat berterima kasih kepada Grab Sulsel dan Kalla Group atas inisiatifnya dalam memberikan dukungan dan layanan terbaiknya kepada pelaku UMKM Sulawesi Selatan sebagai penyumbang besar perekonomian negara. Saya berharap dari kelja sama ini dapat menggerakkan roda perekonomian, serta memajukan dan mampu menghadirkan pelaku UMKM baru yang memiliki kapasitas untuk bersaing dengan pasar nasional," katanya.

Penjabat Wali Kota Makassar, Prof Dr Rudy Djamaluddin yang diwakili Evy Aprialti, kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar juga memberikan apresiasi kerja yang sama yang digagas oleh Grab dan Kalla Group pada hari Jadi ke-413 Kota Makassar.

Baca Juga : Konsisten Laksanakan Ragam Program, KALLA Raih Penghargaan Top CSR

"Di tengah masa sulit akibat pandemi, dukungan kepada UMKM menjadi sebuah keharusan karena merekalah tulang punggung dari perekonomian. Apresiasi juga perlu diberikan kepada Grab dan Kalla Group atas dukungannya untuk memperbaiki perekonomian Kota Makassar. Melalui program ini, para pelaku UMKM lokal mendapatkan ruang dan kesempatan lebih untuk berkembang dan bertahan di era tatanan hidup baru," katanya.

#Nipah Mall #grab #Kalla Group