Kamis, 05 November 2020 22:03

Serangan di Pangkalan Militer, Ethiopia Nyatakan Kondisi Darurat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Abiy Ahmed mengatakan operasi militer dimulai di bagian utara Tigray Rabu pagi (4/11/2020) setelah ia menyampaikan tuduhan bahwa Front Pembebasan Rakyat Tigray TPLF merekayasa serangan terhadap sebuah pangkalan militer strategis.

RAKYATKU.COM - Pemerintah Ethiopia telah mengirim tentara ke kawasan Tigray dan menyatakan kondisi darurat selama enam bulan ke depan setelah Perdana Menteri Abiy Ahmed menyampaikan tuduhan bahwa pemerintah Tigray menyerang sebuah pangkalan militer federalnya.

Abiy Ahmed mengatakan operasi militer dimulai di bagian utara Tigray Rabu pagi (4/11/2020) setelah ia menyampaikan tuduhan bahwa Front Pembebasan Rakyat Tigray TPLF merekayasa serangan terhadap sebuah pangkalan militer strategis.

Namun, pejabat-pejabat pemerintah masih tutup mulut tentang jumlah atau tujuan operasi ini, dan apakah sudah ada pejabat-pejabat TPLF yang ditangkap atau jumlah korban.

Baca Juga : Bukan Lorong Waktu, Sekarang di Ethiopia Masih Tahun 2014

Hingga Rabu siang jaringan internet dan telpon di Tigray masih terputus.

Hubungan Tigray dan pemerintahan Abiy Ahmed terganggu sejak ia berkuasa tahun 2018 dan memojokkan TPLF, yang sebelumnya telah memimpin pemerintahan koalisi selama hampir 30 tahun.

Bulan lalu pemerintah federal juga memerintahkan Kementerian Keuangan untuk menyudahi dukungan anggaran langsung pada kawasan Tigray setelah melangsungkan pemilu kawasan yang ilegal.

Baca Juga : Serangan Kelompok Bersenjata di Ethiopia, 100 Orang Tewas

Menteri Urusan Luar Negeri Ethiopia Redwan Hussein mengatakan kepada wartawan di Addis Ababa bahwa satuan-satuan militer melaporkan adanya “serangan yang tidak diprovokasi” oleh milisi yang ingin menjarah artileri berat mereka.

Dalam sebuah pernyataan Abiy Ahmed menudup TPLF berupaya memprovokasi perang dan bertekad akan segera menanggapi hal itu.

Peristiwa hari Rabu ini terjadi hanya beberapa hari setelah pasukan pemerintah meninggalkan sebuah pos komando di bagian barat Oromia, kawasan dengan jumlah penduduk terpadat di Ethiopia.

Baca Juga : Serangan Udara di Ethiopia Hantam Sebuah Universitas

Langkah ini membuat sejumlah penyerang menewaskan sedikitnya 54 warga etnis Amharas di sebuah desa di kawasan itu. Pemerintah menuduh milisi anti-pemerintah Tentara Pembebasan Oromo dan TPLF yang melakukan serangan itu. TPLF menyangkal terlibat.

Sumber: VOA Indonesia

#Ethiopia