Jumat, 09 Oktober 2020 21:04
Kaki pria bengkak karena digigit nyamuk. (Dok: New York post)
Editor : Fathul Khair Akmal

RAKYATKU.COM - Seorang pria Kamboja memiliki kaki dengan lima kali ukuran normal setelah menderita gigitan nyamuk yang sekarang terinfeksi lebih dari 20 tahun yang lalu.

 

Kondisi tersebut hampir membuat pria berusia 27 tahun, Bong Thet, tidak dapat berjalan dan memaksanya untuk menyeret anggota badan yang bengkak di sepanjang tanah rumahnya di Provinsi Kampong Chhnang, Viral Press melaporkan.

Dilansir dari New York Post, penyakit yang melemahkan itu dikabarkan dimulai setelah tumbuh dari gigitan di kaki Bong ketika dia berusia 6 tahun. Orangtuanya mengabaikan tanda-tanda itu, mengira dia mendapat potongan dari bermain di luar.

Baca Juga : Heboh, Pria Memakai Kaos Oblong Bersarung Biru Munculkan Uang dari Balik Bantal

Pada saat Bong berusia 12 tahun, gumpalan telah menyelimuti kakinya sepenuhnya.

 

Sayangnya, orangtunaya yang merupakan pekerja pabrik tidak mampu membayar perawatan. Hal itu menyebabkan kondisinya semakin meningkat hingga dia harus berhenti sekolah karena hampir sulit berjalan.

Pada kesempatan langka ketika Bong pergi, teman-teman sekelasnya meledeknya karena anggota tubuhnya yang bengkak.

Baca Juga : Wanita Ini Cek Rekening Bank Setelah 60 Tahun, Perubahan Saldonya Bikin Kaget

Ia juga tidak bisa menendang bola dengan baik karena kondisi kakinya yang memupuskan impian seumur hidupnya untuk menjadi pemain sepak bola profesional.

Jiwa malang itu menderita selama lebih dari dua dekade tanpa pengobatan, sebelum kabar penyakitnya sampai ke beberapa orang Samaria yang baik hati.

Sepasang suami istri yang baik hati mengeluarkan sekitar $ 2.500 untuk menutupi kunjungan pertama ke rumah sakit Bong awal bulan ini.

Baca Juga : Viral Petani Ukraina "Curi" dan Tarik Tank Rusia Pakai Traktor

Dokter mendiagnosisnya dengan filariasis limfatik, yaitu penyakit parasit langka yang disebabkan oleh cacing mikroskopis yang masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk. Mereka menduga dia tertular cacing melalui gigitan nyamuk yang dia garuk ketika dia masih muda.

Sayangnya, kaki gajah - pengerasan dan penebalan kulit yang merupakan efek samping dari filariasis limfatik, salah satu penyebab utama kecacatan di dunia - tidak dapat disembuhkan.

Walaupun Bong telah diberi resep obat untuk membantunya mengelola kondisinya dengan lebih baik.

Baca Juga : Pria Ini Kesulitan Bernapas Bertahun-tahun, Ternyata Ada Gigi Tumbuh di Rongga Hidung

Bong, misalnya, tetap berterima kasih kepada para dermawannya atas tindakan tanpa pamrih mereka.

“Ini akan membuat hidup saya lebih mudah dan mengetahui bahwa ada orang yang merawat saya membuat saya merasa bahagia,” katanya.

sumber: suara.com