Jumat, 02 Oktober 2020 16:55
Awang Darmawan mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan di masjid.
Editor : Alief Sappewali

RAKYATKU.COM - Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Makassar gencar mengajak warga menerapkan protokol kesehatan.

 

Mereka terus mengampanyekan gerakan 3 M, yakni selalu mengenakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Tidak ada cara yang lebih efektif untuk mencegah infeksi Covid-19 selain ketiganya. Jika masyarakat disiplin, bisa terhindar dari wabah tersebut dengan izin Allah.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Indonesia Meningkat Lagi, Kini Total 6.080.451

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 28 September 2020, saat ini ada sekitar 10.473 orang di Indonesia meninggal dunia akibat penyakit ini.

 

"Covid-19 ini nyata, bukan konsipirasi atau rekayasa. Kita tak boleh menganggap remeh virus ini," kata Sekretaris MCCC Makassar, Awang Darmawan, Jumat (2/10/2020).

Kampanye dilakukan oleh relawan MCCC Makassar dengan mengedukasi langsung masyarakat tentang protokol kesehatan dan memasang poster-poster edukasi di lorong-lorong, masjid, pasar, swalayan, dan fasilitas publik lainnya.

Baca Juga : Aturan Mudik Lebaran: Wajib Pakai Masker Tiga Lapis, Dilarang Teleponan

"Pesan yang paling utama yang kami sampaikan dalam kampanye ini adalah penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19. Sebaik-baik vaksin saat ini adalah masker," jelasnya.

MCCC juga mengajak sejumlah komunitas dan organisasi kepemudaan untuk ikut terlibat dalam kampanye edukasi Covid-19 ini.

Dia berharap lebih banyak masyarakat yang teredukasi dan ikut menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.