Kamis, 01 Oktober 2020 18:56

Umumkan Pendirian Partai Ummat, Ini Pernyataan Lengkap Amien Rais

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com

Awalnya, setidaknya ada tiga opsi sebagai nama partai politik baru itu. Semua bersandar pada nama induknya. Partai Amanat Rakyat, Partai Amanat Reformasi, dan PAN Reformasi.

RAKYATKU.COM - Tekad Amien Rais untuk mendirikan partai baru akhirnya dibuktikan. Menariknya, dia mengabaikan beberapa opsi nama sebelumnya.

Awalnya, setidaknya ada tiga opsi sebagai nama partai politik baru itu. Semua bersandar pada nama induknya. Partai Amanat Rakyat, Partai Amanat Reformasi, dan PAN Reformasi.

Ternyata, tak satu pun yang digunakan. Amien Rais memilih menggunakan Partai Ummat.

Pengumuman nama partai baru Amien Rais ini disampaikan lewat YouTube resmi Amien Rais, Kamis (1/10/2020).

Amien menjelaskan arti nama partai barunya ini, Partai Ummat. Menurut Amien, ini terkait dengan asas partainya.

"Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," sebut Amien Rais.

Dia menuturkan dalam sejarah umat manusia hanya negara yang mampu melakukan kezaliman kolosal. Sebaliknya, hanya negara yang dapat menegakkan keadilan secara merata.

Semua itu disebut Amien tergantung pada pemerintah yang sedang berkuasa. Apakah membela kepentingan rakyat atau sebaliknya kepentingan konglomerat.

"Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan aturan demokratis universal," ujar dia.

Amien Rais juga menyatakan, parpol barunya ini memiliki semboyan lawan kezaliman dan tegakkan keadilan. Sementara, Islam Rahmatan lil Alamin menjadi asas bagi partai tersebut.

Menurutnya, latar belakang pendirian parpol ini dilakukan usai melihat berbagai situasi memprihatinkan kepemimpinan di Indonesia saat ini. Amien Rais menilai, rezim yang sedang berkuasa saat ini jauh dari harapan rakyat.

"Semakin jauh atau menjauhi nilai-nilai moral atau etika atau akhlak yang baik dan adiluhung," kata Amien Rais.

Sebelumnya, kader PAN, Muhammad Asri Anas menyebut, ratusan dewan pimpinan daerah (DPD) dan dewan pimpinan wilayah (DPW) PAN serta ribuan tokoh di PAN dan tokoh Muhammadiyah berada di belakang parpol baru ini.

Asri menyebut, telah ada 150 pimpinan di provinsi dan kabupaten/kota yang sudah merapat ke kubu Amien Rais. Amien pun disebut sudah memulai safari politik ke penjuru Nusantara untuk memastikan kekuatan di daerah.

Belakangan, putra Amien Rais, Hanafi Rais menyatakan mundur sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 pada 5 Mei lalu. Dia sekaligus menyatakan mundur dari struktur kepengurusan DPP PAN periode 2020-2025.

 

#partai ummat #Amien Rais