Senin, 31 Agustus 2020 14:09

3 Pasang Calon, Ini Peta Koalisi Parpol di Pilkada Tana Toraja

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Pendaftaran Pilkada serentak 2020 dijadwalkan pada 4-6 September nanti.

TORAJA - Pilkada Tana Toraja 2020 dipastikan akan diikuti tiga pasang calon. PDI Perjuangan memilih mengusung wajah baru demi melawan usungan koalisi Nasdem dan koalisi Demokrat.

Hasil Pemilu 2019, ada 9 parpol pemilik kursi di DPRD Toraja. Syarat mengusung pasangan calon, minimal 6 dari total 30 kursi di DPRD Toraja.

Dua parpol papan atas, Golkar (7 kursi) dan Nasdem (6 kursi) berada di barisan pasangan bakal calon incumbent jilid II, Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara. Nico adalah kader Nasdem. Begitupun dengan Victor, ketua Golkar setempat.

Baca Juga : Real Quick Count KPU Tator: Theo-Zadrak Ungguli Petahana Nico Biringkanae-Victor Datuan Batara

Sementara PDI Perjuangan (5 kursi), mengusung kadernya John Diplomasi (bakal cawabup) dengan Albertus Patarru. Partai penguasa di tanah air ini berkoalisi dengan Hanura (3 kursi).

Albertus Patarru, bisa dikata pemain baru di panggung politik Toraja. Pria kelahiran Toraja 58 tahun lalu itu, telah menghabiskan waktunya berkarier di salah satu BUMN di Jakarta. Sedangkan John Diplomasi, adalah kader PDI Perjuangan dan mantan ketua tim relawan Nico-Victor pada pilkada sebelumnya.

Baca Juga : Milenial Muda Toraja: Kalau Tak Ingin Menyesal, Dukung Nico-Victor!

Pasangan terakhir adalah Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg. Duet ini diusung koalisi Demokrat (4 kursi) dan Gerindra (2 kursi). Theo tak lain mantan bupati Toraja yang gagal terpilih kembali di Pilkada 2015. Sementara Zadrak, juga adalah mantan cabup sebelumnya.

Baca Juga : Milenial Muda Toraja: Kalau Tak Ingin Menyesal, Dukung Nico-Victor!

Sebagai gambaran, Pilkada Toraja 2015 dimenangkan pasangan Nico-Victor dengan perolehan sebanyak 51.297 suara (41,99%). Lalu disusul pasangan Theofilus- Yohanis Lintin Paembongan dengan perolehan sebanyak 40.286 suara (32,97%). Terakhir adalah pasangan Zadrak-Jeane Tandirerung dengan perolehan sebanyak 30.594 suara (25,05%).

Masih ada tiga parpol papan bawah yang belum menentukan arah dukungannya di Pilkada 2020. Yakni Perindo, PKPI, dan Partai Berkarya. Masing-masing memilik 1 kursi di DPRD Toraja. Meski begitu, tiga partai ini tidak lagi menjadi penentu dalam jumlah pasangan calon. Pendaftaran Pilkada serentak 2020 dijadwalkan pada 4-6 September nanti.

#Pilkada Tana Toraja