Selasa, 11 Agustus 2020 13:02

Tanpa Sadar WhatsApp Dimata-matai Sembilan Bulan, Pria Saudi Akhirnya Ceraikan Istri

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tanpa Sadar WhatsApp Dimata-matai Sembilan Bulan, Pria Saudi Akhirnya Ceraikan Istri

WhatsApp web adalah salah satu alat yang paling banyak digunakan saat memata-matai percakapan WhatsApp.

RAKYATKU.COM - Seorang pria Saudi tak sadar WhatsApp-nya dimatai-matai istrinya. Baru ketahuan setelah sembilan bulan.

Suami menganggap perilaku istri sebagai spionase dan kejahatan informasi. Meski demikian, dia melihat solusi yang bersahabat di antara mereka.

Seorang praktisi keamanan siber memperingatkan agar tidak menggunakan jaringan Wi-Fi dengan akses gratis yang tersebar luas di bandara, kafe, dan hotel. Itu pintu masuk untuk serangan siber.

Bushra Al Hout, seorang pemerhati dunia maya menjelaskan bahwa WhatsApp telah menarik perhatian para peretas. Bahayanya meningkat ketika menggunakan web WhatsApp untuk menjelajah. Itu merupakan gerbang akses bagi peretas.

Penasihat hukum Khaled Abu Rashid mengatakan pemantauan istri atas pesan WhatsApp suaminya adalah kejahatan informasi lengkap. Dapat dihukum dengan penjara satu tahun dan denda SR500.000, menurut Pasal 3 Undang-Undang Kejahatan Dunia Maya.

Abu Rashid menambahkan, undang-undang kejahatan dunia maya Saudi tidak mengecualikan anggota keluarga mana pun. Meretas ponsel oleh suami, istri, ayah atau saudara laki-laki adalah kejahatan informasi terlepas dari ikatan keluarga.

Abu Rashid memperingatkan pasangan agar tidak melakukan tindakan seperti itu. Itu masuk kategori kejahatan yang dapat dihukum oleh hukum. Selain itu spionase sangat dilarang oleh Syariah.

WhatsApp web adalah salah satu alat yang paling banyak digunakan saat memata-matai percakapan WhatsApp. Fakta sederhana bekerja melalui browser, terkait dengan akun WhatsApp, menjadikan WhatsApp web salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk memata-matai obrolan WhatsApp.

Cukup masuk ke WhatsApp di komputer, untuk mengakses semua percakapan, baik saat ini maupun sebelumnya, dengan semua pesan dan file yang Anda bagikan.

Selain itu, WhatsApp hanya mengirimkan notifikasi ke ponsel saat login pertama kali dilakukan. Jadi jika orang yang ingin memata-matai kami menghapus pemberitahuan itu, kami tidak akan tahu apakah seseorang membaca pesan kami melalui versi web aplikasi perpesanan.

Bagaimana menghindarinya? Untuk mencegah mereka memata-matai WhatsApp Anda melalui versi web, akses bagian "WhatsApp Web" pada aplikasi di ponsel Anda, dan periksa perangkat mana yang Anda masuki. Jika Anda melihat komputer yang mencurigakan, Anda dapat mengetuknya untuk keluar dan menghapus akses ke pesan Anda.

 

#spionase