Kamis, 23 Juli 2020 17:13

Pemkot Parepare akan Sebar 1.500 Bibit Pepaya California ke Empat Kecamatan

Mulyadi Abdillah
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi (Foto: IST)
Ilustrasi (Foto: IST)

Bibit pepaya California akan disebar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) di 22 kelurahan yang ada di empat kecamatan, Kota Parepare.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Ketahanan Pangan, tengah mengonsep Parepare California dengan menghadirkan bibit pepaya unggul, California. Sebanyak 1.500 pohon yang akan disebar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) di 22 kelurahan yang ada di empat kecamatan di Parepare.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Parepare, Ir Muhammad Nur menguraikan, Parepare California ini merupakan inovasi dalam memperkenalkan buah pepaya California yang sedang buming kepada masyarakat. Selain unggul dalam rasa, pepaya California dengan pohon yang rendah ini juga dapat menambah estetika.

“Tanaman pepaya California buahnya lebat, rasanya sangat manis. Biji dari tanaman ini juga tidak terlalu banyak. Selain manfaatnya, pohon pepaya California juga menjadi tanaman penghijauan,” ujar Muhammad Nur.

Muhammad Nur menguraikan, melalui pepaya ini dapat mewujudkan Parepare California sebagai salah satu wujud visi misi Walikota Parepare, Dr. HM Taufan Pawe menjadikan Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap, baik pada pilar kepariwisataan, pendidikan, maupun kesehatan.
 
“Jika pepaya California ini sudah tumbuh di 22 kelurahan, kami prediksi awal 2021 sudah dapat dipetik hasilnya, karena pepaya California berbuah cepat, hanya 6 sampai 7 bulan. Jika ini terjadi, dalam bidang pariwisata tentu orang akan datang untuk berselfie di jajaran pohon-pohon pepaya California yang pohonnya tegak tapi pendek dan bisa dijangkau tangan, sehingga orang-orang bisa wisata petik pepaya California di Parepare. Tentu juga bernilai edukasi dan kesehatan,” urai Muhammad Nur.

Baca Juga : 

Hal senada juga dikatakan Andi Paulangi, Kasubag Program dan Keuangan Dinas Ketahanan Pangan Parepare.

“Selama ini konsep RTH itu lebih fokus ke tanaman bunga-bungaan, sehingga kita ubah mindset dengan membagikan bibit pepaya California yang diinspirasi dari Timur Tengah, tanaman berdiri tegak, selain cantik juga bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Saat ini sudah dua kelurahan yang kami bagikan, yakni Tiro Sompe dan Kelurahan Galung Maloang,” timpal Andi Paulangi.
 
“Kita punya mimpi 2021 Parepare California sehingga nama inovasinya Parepare California. Selain menunjang dan mengedukasi masyaraat mengonsumsi buah, juga karena banyak manfaatnya di bidang kesehatan, aman dikonsumsi tanpa bahan kimia, juga nilai estetikanya sangat tinggi,” tandasnya. 

Terpisah, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe meminta semua SKPD agar berinovasi dan membuat program dalam mewujudkan visi misi Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap. 

"Kita sudah canangkan Tahun Inovasi bagi semua SKPD, dan inovasi yang dibuat harus sejalan dengan visi misi dalam menjadikan Parepare Kota Industri Tanpa Cerobong Asap," tandas Taufan.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare