Senin, 23 Maret 2020 08:29

Tahanan Berusaha Kabur untuk Hindari Virus Corona, 23 Tewas

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Reuters
Reuters

Sedikitnya 23 orang tewas di salah satu penjara terbesar di Bogota, setelah tahanan berusaha melarikan diri di tengah ketakutan virus corona.

RAKYATKU.COM, KOLOMBIA - Sedikitnya 23 orang tewas di salah satu penjara terbesar di Bogota, setelah tahanan berusaha melarikan diri di tengah ketakutan virus corona.

Kerusuhan dimulai setelah para tahanan memprotes layanan kesehatan yang buruk selama wabah Covid-19. Ditambah lagi, bos penjara menolak untuk menyetujui kondisi sanitasi yang lebih baik.

Menteri Kehakiman Margarita Cabello Blanco mengatakan bahwa 83 orang lainnya terluka. Sebanyak 32 tahanan dan tujuh penjaga berada di rumah sakit, dua dalam kondisi kritis.

"Hari ini adalah hari yang sangat menyedihkan dan menyakitkan," kata Cabello Blanco. "Tadi malam ada upaya pelarian massal di penjara La Modelo dan kerusuhan di berbagai pusat penahanan di seluruh negeri."

Kolombia diperkirakan akan memasuki lockdown nasional mulai Selasa malam setelah 231 orang dinyatakan positif, dan dua meninggal.

132 penjara di negara itu memiliki kapasitas 81.000 tahanan tetapi menampung lebih dari 121.000 tahanan, menurut angka dari kementerian kehakiman.