Kamis, 19 Maret 2020 09:02

Kim Jong Un Bilang Aman, 180 Tentara Korea Utara Meninggal Akibat Covid-19

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kim Jong Un
Kim Jong Un

Sejumlah tentara Korea Utara dikabarkan telah terinfeski virus corona meskipun Kim Jong Un mengatakan bahwa mereka tidak memiliki kasus.

RAKYATKU.COM - Sejumlah tentara Korea Utara dikabarkan telah terinfeski virus corona meskipun Kim Jong Un mengatakan bahwa mereka tidak memiliki kasus.

Daily NK melaporkan bahwa sebuah sumber di militer Korut mengatakan, 180 tentara telah meninggal karena virus. Sebagian besar kematian kabarnya terjadi di dekat perbatasan dengan China.

Bersamaan dengan itu, Kim telah memerintahkan pembangunan rumah sakit baru di jantung ibukota Pyongyang.

Tanpa menyebutkan virus corona, pemimpin itu mengatakan: "Ketika rumah sakit umum dibangun, kita akan mendapatkan aset berharga lainnya yang dapat digunakan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan orang-orang kita sebelumnya dengan lebih baik."

Pemimpin Korea Utara itu mengatakan bahwa dia ingin rumah sakit tersebut selesai dibangun pada bulan Oktober, untuk menandai peringatan 75 tahun berdirinya Partai Buruh yang berkuasa di negara itu.

Korea Utara terus bersikeras bahwa tidak ada kasus Covid-19 di sana, meskipun ribuan kasus dilaporkan di negara tetangga, China dan Korea Selatan.

Pyongyang mengklaim mampu melindungi dirinya dari virus corona karena proaktif dalam melakukan pencegahan/

Namun Jenderal Robert Abrams, seorang komandan pasukan AS di wilayah itu, mengatakan tidak mungkin negara itu tetap bebas dari infeksi.

"Ini adalah negara tertutup, jadi kita tidak bisa mengatakan dengan tegas bahwa mereka memiliki kasus, tetapi kami cukup yakin mereka punya," katanya.

Ketika virus pertama kali dilaporkan di China, Korea Utara bergegas menutup perbatasannya, menghentikan perdagangan dengan China, memperpanjang masa karantina menjadi 30 hari dan menempatkan pembatasan pada kegiatan staf diplomatik dan integrasi asing yang berbasis di Korea Utara.

Korea Utara telah menyombongkan diri bahwa isolasi dari seluruh dunia adalah apa yang menyelamatkan mereka.