Kamis, 30 Januari 2020 22:20

Wabah Virus Corona Bikin Server PUBG Jebol, Kok Bisa?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wabah Virus Corona Bikin Server PUBG Jebol, Kok Bisa?

Imbasnya, salah satu game milik Tencent, Game for Peace versi PUBG Mobile untuk pasar China, kewalahan

RAKYATKU.COM - Wabah coronavirus atau virus corona membuat masyarakat mengurungkan aktivitasnya di tempat terbuka. 

Tak sedikit memilih mengisi kesehariannya dengan main game hingga bikin server Tencent jebol.

Kejadian itu berlangsung di China, di mana salah satu kota di negaranya, Wuhan, dinyatakan sebagai sumber penyebaran virus corona. 

Pertokoan dan tempat publik di Negeri Tirai Bambu itu tutup. Masyarakat pun banyak berdiam diri di rumah dan menghabiskan waktu dengan main game.

Imbasnya, salah satu game milik Tencent, Game for Peace versi PUBG Mobile untuk pasar China, kewalahan karena lonjakan trafik yang diterima server miliknya selama libur Imlek. 

Gamers pun mengeluhkan tak bisa login ke Game for Peace. "Hampir semua orang di China sedang online, yang merupakan keadaan luar biasa," kata Founder Chengdu Gaming Federation Charlie Moseley dikutip Abacusnews, Kamis (30/1/2020).

Tanda pagar (tagar) #GameForPeaceCollapsed sempat jadi terpopuler di Media sosial China, Weibo. Tencent langsung bergegas untuk meningkatkan kapasitas di servernya.

Mengganti kerugian yang dialami penggunannya, Tencent lantas memberi hadiah di item game. "Antusiasmenya sangat luar biasa, sehingga masalah kecil terjadi," kata Tencent.