Senin, 13 Januari 2020 03:30

6 Rahasia Seks Bergairah di Usia Senja

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
6 Rahasia Seks Bergairah di Usia Senja

Seiring bertambahnya usia, fisik pun akan berubah. Kekuatan dan level hormon seks juga tak diproduksi sebanyak dulu.

RAKYATKU.COM - Seiring bertambahnya usia, fisik pun akan berubah. Kekuatan dan level hormon seks juga tak diproduksi sebanyak dulu.

Sebuah penelitian dari Indian Journal of Psychiatry juga menyatakan bahwa aktivitas seksual menurun ketika seseorang berusia 60 tahun ke atas.

Misalnya, hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita yang menurun akan berpengaruh pada fungsi seksualnya. Beberapa perubahan yang perlu disadari antara lain:

- Anda membutuhkan rangsangan lebih untuk mencapai dan menjaga ereksi hingga orgasme
- Orgasme lebih pendek
- Ejakulasi yang kurang kuat dan cairan semen yang sedikit
- Membutuhkan waktu yang lama untuk kembali ereksi, setelah ejakulasi

Agar seks tetap nikmat di usia lansia

Buang jauh-jauh rasa cemas, khawatir, ataupun tidak percaya diri. Meski sudah golongan lansia, seks tetap bisa dinikmati. Berikut adalah beberapa rahasia berhubungan intim di usia lansia.

1. Tak perlu terburu-buru

Kapan terakhir kali Anda memuji pasangan Anda? Agar seks Anda lebih nikmat, Anda bisa melontarkan pujian atau ucapan romantis untuk pasangan sebagai pengantar seks.

Janganlah malu untuk kembali bermesraan dengan pasangan. Kontak fisik saat membaca koran di pagi hari atau mungkin mengajak pasangan untuk berendam air hangat bersama bisa jadi penting untuk kehidupan seks Anda. Buatlah suasana rileks untuk membangun emosi romantis.

2. Seks di pagi hari

Mungkin dulu Anda sering bercinta pada malam hari. Namun, untuk lansia, baiknya seks dilakikan di pagi hari.

Saat bangun tidur, tubuh akan terasa lebih bugar dan berenergi, dibandingkan di malam hari. Kini, ubahlah rutinitas seks Anda dan rasakan gairahnya. 

3. Komunikasi

Kunci utama seks nikmat untuk lansia adalah komunikasi dan terbuka satu sama lain dengan pasangan. Beri tahu pasangan Anda posisi mana yang lebih nyaman bagi Anda.

Bila ada kesulitan saat melangsungkan hubungan seksual, bicaralah satu sama lain. Dengan begitu, Anda bisa mencari solusinya bersama-sama. 

4. Lubrikasi

Penurunan hormon estrogen yang dialami oleh wanita di saat usia lansia, membuat vagina menjadi kering. Itu sebabnya, sebagian wanita enggan untuk bercinta, karena sensasinya tak senikmat dulu.

Namun, lubrikasi bisa membantu Anda untuk kembali menikmati seks di usia lansia. Pilih lubrikasi berbasis air dan pakaian ke vagina sehingga penetrasi lebih mudah.

5. Mencoba beragam posisi seks

Mungkin saja ada masalah kesehatan yang memerlukan kenyaman posisi seks tertentu. Misalnya, ada rasa sakit akibat arthritis.

Dilansir Hellosehat, cobalah beragam posisi seks yang tidak terlalu membebani bagian tubuh yang sakit karena arthritis.

6. Tetap meminta saran dokter

Tak bisa dipungkiri, tak sedikit lansia memiliki masalah kesehatan tapi ingin tetap berhubungan intim secara aktif. Misalnya, ada gangguan kardiovaskular, diabetes, depresi, kecemasan, atau tekanan darah tinggi. 

Untuk itu, agar seks tetap bergairah di masa lansia, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Biasanya, dokter akan memberikan saran berdasarkan kondisi kesehatan Anda.

Di samping itu, agar seks di usia lansia tetap bergairah, tetaplah untuk melakukan diet sehat, rutin berolahraga, tidak mengonsumsi alkohol, dan jangan merokok.