Rabu, 27 November 2019 21:01

Kadis Kominfo Sulsel Belajar Tangkal Hoax di Malaysia

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kadis Kominfo Sulsel Belajar Tangkal Hoax di Malaysia

Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo-SP) Sulsel, Andi hasdullah menjadi salah satu delegasi Indonesia, yang dipimpin Dirjen IKP Kementerian Kominfo Prof DR W

RAKYATKU.COM - Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo-SP) Sulsel, Andi hasdullah menjadi salah satu delegasi Indonesia, yang dipimpin Dirjen IKP Kementerian Kominfo Prof DR Widodo Muktiyo, yang melakukan kunjungan ke Malaysia.

Kunjungan kerja delegasi Indonesia ini merupakan bagian dari tindak lanjut kerjasama antara Kemenkominfo dan Multi Media Malaysia. Kerjasama tersebut dalam rangka berbagi pengalaman dalam penguatan KIM. Terutama dalam menangkal berita hoax dan menjadi media informasi yang mengedukasi publik.

Kedatangan delegasi disambut langsung Director International Relation Division Departemen of information Malaysia, Puan Norkhanizan Manaf.

Berdasarkan laporan Kadis Kominfo SP Sulsel, Andi Hasdullah, hari pertama kunjungan kerja, rombongan berkunjung ke Kedutaan Indonesia di Malaysia dan diterima oleh Wakil Duta Besar RI Krishna KU Hannan.

Selain berdiskusi hangat terkait sejumlah topik, rombongan juga diajak untuk melihat langsung layanan pengurusan paspor dan visa untuk warga Indonesia  di Malaysia.

 

"Pelayanan pengurusan parpor di sana ditatakelo secara digital sehingga layanan yang diberikan cukup produktif dan terukur," ungkap Andi Hasdullah.

Dirjen IKP Kementerian Kominfo Prof DR Widodo Muktiyo menambahkan, dengan sistem layanan itu, tak ada lagi ruang calo dan markup biaya. Sementara dari aspek standar waktu, hanya tiga hari saja sudah selesai.

"Rata-rata kedutaan Malaysia memberi layanan publik sekitar 600 hingga 800 orang per hari dan bekerja sampai malam," kata Prof Widodo.

Rombongan juga menyempatkan diri melihat langsung seluruh tahapan proses layanan kedutaan dan memberikan apresiasi atas kinerja layanan digital yang ada. Lebih dari itu, juga apresiasi terhadap komitmen para pegawai kedutaan yang fokus dalam melayani masyarakat Indonesia. Termasuk terhadap upaya kedutaan dalam memberikan perlindungan warga Indinesia yang ada di Malaysia.