Rabu, 04 Desember 2019 15:56

Kembangkan Aplikasi Aplikasi OneData, Diskominfo Sulsel Gelar Bimtek

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kembangkan Aplikasi Aplikasi OneData, Diskominfo Sulsel Gelar Bimtek

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Bimtek pengembangan aplikasi OneData Sulsel, di kantor Gubernur Sulsel, Rabu (4/11/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Bimtek pengembangan aplikasi OneData Sulsel, di kantor Gubernur Sulsel, Rabu (4/12/2019).

Kepala dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Pemprov Sulsel, Andi Hasdullah mengatakan, diperlukan dukungan setiap organisasi perangkat daerah (OPD). Dalam Bimtek ini, pengembangan aplikasi OneData semua OPD diberikan pemahaman terkait input OneData sehingga dalam penginputan data bisa berjalan dengan optimal.

“Perlu ada dukungan OPD dalam implementasi aplikasi data, karena dalam aplikasi OneData ini semua OPD harus mengimput data masing-masing,” katanya.

Hasdullah mengatakan seluruh data terkait OPD Pemprov harus dimasukkan dalam aplikasi onedatasulselprov.go.id dimana dalam data terpusat ini sangat dibutuhkan untuk berbagai kepentingan. Mulai dari perencanaan program, sebagai bahan pertimbangan gubernur dalam mengambil keputusan, acuan pihak swasta jika ingin berinvestasi di Sulsel, dan yang utama untuk kepentingan publik yang membutuhkan data.

“Apa saja data yang bisa kita butuhkan atau yang mau kita lihat di Sulsel, kita hanya membuka aplikasi OneData itu, semuanya di situ sudah tersedia,” kata dia.

 

Oleh karena itu, Hasdullah berharap setiap OPD bisa menginput masing-masing yang terupdate.

“Semuanya di situ tersedia, dan tentunya data yang kita harapkan dari seluruh OPD lengkap, valid dan terupdate, saya kira itu salah satu pertemuan kita hari ini,” jelasnya.

lebih jauh, Hasdullah menambahkan dari 54 OPD yang ada di lingkup Pemprov Sulsel, sisa dua yang belum memasukkan datanya yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan lingkup Sekretariat DPRD Sulsel. 

Sementara untuk seluruh OPD yang sudah memasukkan data, tetap harus selalu memperbarui yang sudah ada. Apalagi, di akhir tahun seperti ini, update data pasti dilakukan.

“Jadi kami minta seluruh OPD, walaupun sudah memasukkan datanya, tetap harus diupdate,” ujar dia.

Bimtek pengembangan Aplikasi One Data ini sendiri merupakan bagian daripada menghadirkan sistem pemerintahan berbasis teknologi di Sulsel.