Minggu, 20 Oktober 2019 15:22

IDP Panen Raya bersama Warga Salu Seba

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
IDP Panen Raya bersama Warga Salu Seba

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, melakukan panen bersama masyarakat Dusun Salu Seba Desa Pincara Kecamatan Masamba. Minggu (20/10/2019). 

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, melakukan panen bersama masyarakat Dusun Salu Seba Desa Pincara Kecamatan Masamba. Minggu (20/10/2019). 

Di dusun terpencil yang berbatasan dengan Kecamatan Rampi tersebut, masyarakat kini dapat memenuhi kebutuhan pangannya sendiri.

"Panen ini adalah panen ke-3 yang dilakukan masyarakat setelah kita melakukan kegiatan 'Semalam di Desa'," ucap Indah.

Jika sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan beras di desa ini masyarakat mengandalkan rastra/raskin dari Pemerintah, maka berdasarkan laporan terakhir dari Dinas Ketahanan Pangan bahwa ubinan yang dihasilkan sudah 4,9 ton/hektare.

"Itu berarti bahwa telah mencukupi kebutuhan pangan untuk Dusun Salu Seba. Kita berharap desa-desa lain juga secara bertahap keluar dari kondisi rawan pangan atau paling tidak mereka mampu memenuhi kebutuhan pangannya sendiri," harapnya.

Sebelumnya, di Dusun Salu Seba banyak lahan yang tidak termanfaatkan/terlantar dan tidak digarap.

“Lokasi yang kita lihat hari ini dulu adalah lahan tidur/terlantar. Nah, saat kunjungan Semalam di Desa, Bupati memberikan motivasi dan menyalakan semangat warga untuk mau memulai menggarap lahan dan sekarang masyarakat dapat menikmati hasilnya,” tutur Kepala DKP Alauddin Sukri, yang turut mendampingi Bupati Indah.

Selain Kepala DKP, turut hadir Kadis PU Suaib Mansyur, Kadis TPHP Armiady Rasyid, Ka Bappeda Rusydi Rasyid, Kadis Perhubungan Hakim Bukara, Kadispora Jumail Mappile, dan Camat Masamba Ari Setiawan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Indah juga memberikan 1 unit power treaser untuk masyarakat.