Senin, 21 Oktober 2019 15:14

Lantik 274 Anggota BPD, Ini Pesan Bupati Lutra

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Int.
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Int.

Sebanyak 274 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari Kecamatan Tanalili, Sukamaju Selatan, dan Mappedeceng resmi dilantik oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Senin (21/10).

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Sebanyak 274 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari Kecamatan Tanalili, Sukamaju Selatan, dan Mappedeceng resmi dilantik oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Senin (21/10/2019).

Dari 274 orang tersebut banyak yang merupakan wajah lama dan merupakan mantan kepala desa.

"Banyak wajah lama dan banyak wajah baru, yang paling menarik saya menemukan anggota BPD adalah mantan kades. Ini mmbuktikan ada komunikasi yang baik dan nanti akan melahirkan kolaborasi yang baik untuk membangun desa. Kita percaya sesungguhnya pemikirannya kita butuhkan dan ini pemilihannya berproses," ucap Indah saat memberikan sambutan.

Indah melanjutkan, BPD yang merupakan parlemen di desa, memunyai tiga fungsi. Diantaranya, membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa.

"Namun BPD jangan dinilai sebagai "pemberi stempel". Selain itu, juga berfungsi dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, juga melakukan pengawasan kinerja kades yang mengandalkan kemampuan check and balances namun perlu dipahami bahwa BPD bukan auditor, BPD berfungsi sebagai fasilitator bukan provokator," tegas Indah.

Terakhir, Ia meminta anggota BPD menerapkan filosofi susu full cream yang mampu merubah cita rasa dan warna desa lebih maju.

"Jangan mengaku sebagai anggota BPD milenial (yang memanfaatkan teknologi dalam pelayanan) jika pemanfaatan dana desa hanya berputar soal rabat dan plat duicker tapi tidak mampu menurukan angka kemiskinan," kunci IDP.