Selasa, 22 Oktober 2019 18:10

Hari Pangan Sedunia, IDP Ajak Lestarikan Sagu

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, pada peringatan HPS Tk. Kabupaten meninjau pameran pangan BPP
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, pada peringatan HPS Tk. Kabupaten meninjau pameran pangan BPP

Hari Pangan Sedunia (HPS) Tingkat Kabupaten Luwu Utara dibuka langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), di Halaman Rujab Bupati, Selasa (22/10/2019).

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Hari Pangan Sedunia (HPS) Tingkat Kabupaten Luwu Utara dibuka langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), di Halaman Rujab Bupati, Selasa (22/10/2019).

Dalam sambutannya, IDP berharap HPS menjadi momentum strategis dalam memperkuat komitmen peduli terhadap petani.

"Menjadi momentum pernyataan kembali mewujudkan kemandirian pangan yang berkelanjutan sehingga bermuara pada kedaulatan pangan yang mensejahterahkan rakyat, maka tidak salah tema kita kali ini 'Kita Peduli Petani dan Pangan Lokal Luwu Utara," ujarnya.

Terkait pangan lokal, Indah menegaskan bahwa merupakan kewajiban semua pemangku kepentingan hingga masyarakat untuk melestarikan sagu.

"Ada harta karun di Luwu Utara yaitu sagu. Dalam bayangan saya saat Sawerigading berlayar yang dibawa adalah sagu, maka merupakan kewajiban kita semua untuk melestarikan sagu di Luwu Utara tanpa menafikkan tanaman pangan yang lain sebab berdasarkan hasil SIDA Sagu oleh Kemenristekdikti beberapa waktu lalu, ditemukan bahwa potensi sagu di Luwu Utara yakni satu batang bisa menghasilkan 750 kg," jelasnya.

"Ini sangat potensial untuk memenuhi kebutuhan pangan dasar sebagai pengganti beras, dan juga secara ekonomis bisa sangat menguntungkan bagi masyarakat yang bercocok tanam," tambahnya.