Kamis, 14 November 2019 10:35

Nantikan Malam Penganugrahan Celebes Film Festival 2019

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Nantikan Malam Penganugrahan Celebes Film Festival 2019

Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif Sky Project, akan menggelar lomba Celebes Film Festival 2019.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif Sky Project, akan menggelar lomba Celebes Film Festival 2019.

Dalam lomba ini, para sineas diwajibkan mengangkat kearifan lokal budaya dan kultur yang ada di Sulawesi Selatan. Rencananya, semua karya akan di putar Gedung Kesenian Makassar Jl Riburane, 24 November mendatang.

Panitia dan Juri Celebes Film Festival 2019, Ahmad Wildan Noumeiru, mengatakan, proses untuk penyetoran film dari berbagai sineas sejak Oktober lalu. Batas penyetoran karya film pendek hingga 18 November mendatang. 

Saat ini sudah ada sekitar 20-an lebih karya yang masuk. Selain dari Sulsel, ada beberapa sineas dari luar Sulsel. 

"Jadi kami memang mencari karya yang unik, atau kata lain tak hanya menceritakan mengenai budaya seperti seni tari, musik dan kerajinan di Sulsel tetapi sineas bisa membuat film dengan mengangkat kultur dari rumah sendiri," tambahnya.

 

Wildan menambahkan, kultur yang dimaksud dalam rumah, seperti petuah yang masih dipertahankan oleh orangtua mulai dari bangun tidur, sikap di meja makan, hingga rutinitas sampai kembali menutup mata.