Minggu, 24 November 2019 09:49

Begini Kriteria Even Lokal untuk Masuk Kalender Nasional

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Dinas Pariwisata Sulsel (Disbudpar) Sulsel, Denny Irawan
Kepala Dinas Pariwisata Sulsel (Disbudpar) Sulsel, Denny Irawan

Kepala Dinas Pariwisata Sulsel (Disbudpar) Sulsel, Denny Irawan, mengungkapkan, tidak semua event lokal bisa masuk kalender event nasional.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Pariwisata Sulsel (Disbudpar) Sulsel, Denny Irawan, mengungkapkan, tidak semua event lokal bisa masuk kalender event nasional.

Pasalnya ada kriteria yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraannya. Karena jika masuk kalender nasional akan masuk dalam promosi wisata internasional.

Ia mengatakan, setidaknya ada 100 wonderful event. Sehingga terbatas event lokal yang bisa masuk.

"Kita saja provinsi Sulawesi Selatan ada 35 event usulan, banyak yang masuk dari kabupaten kota yang kita seleksi," ungkap Denny.

Salah satu kriteria event yang ditawarkan untuk menjadi event nasional adalah, minimal sudah berkesinambungan 3 kali berturut-turut. Hal ini agar menjamin penyelenggaraannya jelas setiap tahun dan bisa di promosikan kepada wisatawan mancanegara.

 

"Sebab pemerintah pusat akan menyampaikan ke Internasional bahwa ada event kami, terjamin memang, waktunya terjamin, pelaksananya terjamin. Jadi untuk bisa menjamin itu syaratnya minimal bisa tiga kali berturut-turut," jelasnya.

Selajutnya, pastinya event yang ditawarkan harus mendapat dukungan dari penentu kebijakan, dalam hal ini Kepala Daerah. 

"Masa ada kegiatan di daerahnya terus kepala daerahnya tidak mendukung. Nah ini harus menjadi prasyarat bahwa event itu berjalan dengan baik, pimpinannya harus mendukung dengan baik," pungkasnya.