Jumat, 22 November 2019 10:15

Canggih, Inilah Drone yang Bisa Dimanfaatkan Membasmi Nyamuk

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ILUSTRASI
ILUSTRASI

Drone makin kaya manfaat. Tidak lagi sekadar merekam foto atau video. Terbaru, alat tersebut dimanfaatkan untuk membasmi nyamuk. Bagaimana caranya?

RAKYATKU.COM - Drone makin kaya manfaat. Tidak lagi sekadar merekam foto atau video. Terbaru, alat tersebut dimanfaatkan untuk membasmi nyamuk. Bagaimana caranya?

Percobaan itu dilakukan Korporasi Kolkata Municipal. Mereka memanfaatkan drone untuk mencari dan membunuh larva nyamuk.

Aksi itu dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit yang ditularkan melalui vektor seperti demam berdarah, chikungunya dan malaria.

Drone yang diber nama Vinash itu dapat terbang hingga ketinggian 20 lantai. Dilengkapi Global Positioning System (GPS).

"Drone akan menjangkau area bangunan dan tempat-tempat lain yang tidak dapat diakses oleh kami," kata Wakil Wali Kota KMC Atin Ghosh, yang meluncurkan kendaraan tak berawak hi-tech.

Drone juga memiliki tangan robot yang akan mengumpulkan sampel dari air dan di tanah.

"Setelah menguji sampel jika kami menemukan salah satu daerah yang tidak dapat diakses ini adalah tempat berkembang biak nyamuk, kami akan menggunakannya untuk menyemprotkan insektisida dan membunuh nyamuk," kata Ghosh.

Sebuah wadah melekat pada drone untuk menyimpan pestisida. Ia juga memiliki bunyi klakson yang akan beroperasi ketika drone menyemprotkan pestisida.

Beberapa orang telah meninggal dan sejumlah besar terserang penyakit yang ditularkan oleh nyamuk termasuk demam berdarah dan chikungunya tahun ini.