Jumat, 15 November 2019 17:32

Demi Bantu Sang Adik, Perempuan Ini Makan Mi 3 Kilogram Tiap Hari

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Seorang remaja perempuan bernama Zhang Xinxin (12) di Tiongkok, mengonsumsi 3 kilogram mie setiap hari demi menolong adiknya Zhang Haizhen

RAKYATKU.COM - Seorang remaja perempuan bernama Zhang Xinxin (12) di Tiongkok, mengonsumsi 3 kilogram mie setiap hari demi menolong adiknya Zhang Haizhen yang pada 2017 didiagnosis menderita penyakit Albers Schonberg. 

Mi sebanyak itu dimakan Xinxin agar dirinya bisa lekas menambah berat badan sehingga bisa dilakukan operasi transplantasi tulang belakangnya pada Haizhen.

Dikutp Asiaone, Albers Schonberg atau yang disebut penyakit tulang batu adalah kelainan bawaan yang sangat langka di mana tulang mengeras, menjadi lebih padat. 

Kondisi ini kebalikan dari osteoporosis, di mana kepadatan tulang berkurang dan lebih rapuh. Penyakit Albers Schonberg hanya bisa disembuhkan ketika pasien menerima transplantasi stem cell hemopoietic.

Setelah mendengar penjelasan dokter, Xinxin meminta dokter untuk menguji darahnya dan menemukan golongan darahnya cocok dengan adiknya. 

Namun masalahnya, Xinxin yang tinggi 160 cm, hanya berbobot 40 kilogram. Dokter mengatakan Xinxin harus menaikkan berat badan setidaknya menjadi 50 kilogram sebelum dia bisa mendonasikan sumsum tulang belakangnya.

Semenjak itu, Xinxin memulai program menambah berat badan dengan memaksakan diri makan tiga mangkuk mi setiap hari. Mi itu mengandung air, garam, dan beberapa potong sayur mayur.

Biaya perawatan bagi kesehatan Haizhen telah membuat keluarga Zhang yang berasal dari Henan, Tiongkok, jatuh miskin. 

Kedua orang tua Haizhen dan Xinxin terpaksa berhenti bekerja demi bisa merawat Haizhen. Ayah Haizhen sekarang bekerja paruh waktu di area dekat rumah sakit agar bisa menghasilkan sedikit uang.

Untuk membantu kedua orang tuanya, Xinxin bangun jam 5 subuh setiap hari untuk mendaki sebuah gunung yang jauhnya 3 kilometer dari rumahnya. Di sana, dia memetik kacang hazelnut dan menjualnya. 

Haizhen, adik Xinxin siap menerima transplantasi sumsum tulang belakang kapan pun, namun keluarga Zhang saat ini masih membutuhkan dana, dimana biaya operasi penyembuhan penyakit ini membutuhkan uang sekitar 430 ribu yuan atau sekitar Rp863 juta.