Kamis, 26 September 2019 15:55

Hari Statistik Nasional, Momen Hadapi Sensus Penduduk 2020

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hari Statistik Nasional, Momen Hadapi Sensus Penduduk 2020

Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) tingkat Provinsi Sulsel, diperingati dengan menggelar upacara di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (26/9/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) tingkat Provinsi Sulsel, diperingati dengan menggelar upacara di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (26/9/2019).

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abd Hayat Gani bertindak sebagai Inspektur Upacara yang diikuti pegawai lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi tersebut.

Dalam sambutan Gubernur Sulsel yang dibacakan, Abd Hayat menekankan agar peringatan HSN tidak hanya menjadi rutinitas sehingga kehilangan makna.

Tahun ini, lanjut dia, konsep peringatan HSN dibuat berbeda. Jika sebelumnya hanya internal BPS saja, tapi sekarang juga dilaksanakan di berbagai kantor pemerintahan.

Lebih jauh dikemukakan, peringatan HSN tahun ini diawali dengan pencanangan Kampung Statistik dengan tujuan agar data dan statistik lebih akrab di masyarakat. Selain itu, juga dibentuk Pojok Statistik.

Pada kesempatan itu, Abd Hayat juga mengajak birokrasi dan masyarakat sama-sama sadar akan arti pentingnya data statistik.

"Kehadiran data statistik menjadi sangat penting untuk menguraikan tantangan agar pemerintah memiliki kesadaran yang kuat untuk penyusunan kebijakan di berbagai bidang," ungkapnya.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya menyatakan bahwa data adalah jenis kekayaan baru bangsa yang lebih berharga dari minyak. Tantangannya sekarang, bagaimana menyediakan data yang berkualitas sesuai yang diharapkan.

Dia juga menyampaikan peringatan HSN tahun ini juga menjadi awal publisitas sensus penduduk yang akan dilaksanakan pada awal 2020 mendatang. Untuk itu, Ia minta dukungan dan fasilitasi berbagai stakeholder demi suksesnya Sensus Penduduk 2020 dan tersedianya satu data kependudukan di Indonesia.

Usai apel, acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba terkait kategori instansi pemerintah paling kooperatif data, perusahaan paling kooperatif data serta lomba poster dan menulis opini dalam rangka HSN.