Kamis, 15 Agustus 2019 19:31

Hasdullah Nilai Tata Kelola Good Government Sulsel dalam Koridor yang Tepat

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hasdullah Nilai Tata Kelola Good Government Sulsel dalam Koridor yang Tepat

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Hasdullah, menilai, Transformasi menuju tata kelola good goverment di Sulawesi Selatan kini sudah dalam koridor yang tepat

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Hasdullah, menilai, Transformasi menuju tata kelola good goverment di Sulawesi Selatan kini sudah dalam koridor yang tepat (on the right track position). 

Sebab menurutnya, proses menuju tatakelola pemerintahan yang baik itu langsung dikendalikan oleh pimpinan tertinggi pemerintahan, yakni Gubernur Nurdin Abdullah. 

Ia mengatakan, untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Goverment) menjadi suatu keniscayaan seiring dengan tuntutan perubahan lingkungan strategis yang berubah dengan sangat cepat.

"Baik itu tuntutan era digital sistem, tuntutan masyarakat sipil, tuntutan budaya dan nilai spiritual, termasuk tuntutan kompetitif daya saing daerah lokal dan global sehingga mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik itu tidak lagi menjadi suatu pilihan tapi sudah menjadi keharusan," ujarnya.

Hasdullah menambahkan, bahwa laju perubahan perilaku suatu pemerintahan bisa saja ditekan dari faktor eksternal tapi kalau faktor internal mental blok resistensi tinggi maka perubahan itu akan berproses lamban, bahkan bisa jalan di tempat.

"Tapi kalau dorongan perubahan itu dari dalam apalagi langsung pucuk pimpinan yang tegas dan komitmen (strong leader) maka perubahan perilaku pemerintahan yang baik itu akan berjalan cepat," tambahnya.