Kamis, 29 Agustus 2019 22:07

Diskominfo Sulsel Sosialisasi Integrasi Data OPD

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Diskominfo Sulsel Sosialisasi Integrasi Data OPD

Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo SP), menggelar sosialisasi tahap pertama pengintegrasian data seluruh organisasi perangkat daerah lingkup Pemprov Sulsel di command cent

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo SP), menggelar sosialisasi tahap pertama pengintegrasian data seluruh organisasi perangkat daerah lingkup Pemprov Sulsel di command center kantor Gubernur Sulsel.

Hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk terus melakukan pengembangan aplikasi dalam mewujudkan sistem pemerintahan yang berbasis elektronik.

Kepala Bidang Layanan e-Government Diskominfo SP Provinsi Sulsel, Lukmanuddin mengatakan, aplikasi i-data ini merupakan bagian program dan tindak lanjut penilaian sistem pemerintahan berbasis elektronik. Juga sesuai dengan petunjuk dan harapan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel.

"Saat ini Diskominfo SP Sulsel telah menjalankan beberapa aplikasi seperti aplikasi Baruga pelayanan aduan masyarakat Sulsel, yang diharapkan semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk fokus menjalankannya karena masih banyak laporan yang belum dijawab, " ungkapnya. Kamis (29/8/2019).

Tidak hanya itu, ada juga aplikasi smart office, dimana admin diharapkan bisa bertanggung jawab dalam memantau dan mengingatkan pimpinan atas surat yang masuk atau keluar karena kadang terabaikan. 

"Lalu yang tterakhir ini adalah i-Data yang diharapkan dapat terintegrasi dengan aplikasi lainnya sehingga memudahkan dalam mengakses data antar OPD," tambahnya. 

Tim Arsitek IT Diskominfo SP Sulsel, Bobbi mengaku, aplikasi i-Data ini hadir untuk mendukung data lintas sektor tiap OPD Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Hadirnya aplikasi i-Data akan memudahkan data lintas OPD, karena bisa diakses kapan saja termasuk masyarakat dapat mengetahuinya sehingga kepercayaan masyarakat ke pemerintah semakin meningkat," tutupnya