Jumat, 06 September 2019 08:00

Canggihnya Mobil Presiden Jokowi yang Mogok: Anti Peluru, Granat dan Bom!

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kabin Mercedes-Benz S600 Pullman Guard (businessinsider)
Kabin Mercedes-Benz S600 Pullman Guard (businessinsider)

Mobil dinas Presiden Joko Widodo, Mercedes Benz S600 Guard kembali mogok dalam kunjungan kerjanya di Kalimantan Barat.

RAKYATKU.COM - Mobil dinas Presiden Joko Widodo, Mercedes Benz S600 Guard kembali mogok dalam kunjungan kerjanya di Kalimantan Barat.

Mercedes Benz S600 Guard yang digunakan, merupakan mobil kepresidenan yang telah berusia 10 tahun. Mobil ini merupakan warisan dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tiba-tiba saja, saat menuju Kabupaten Kubu Raya untuk makan siang, Mobil RI 1 itu mogok di tengah jalan. 

"Iya, mogok di perjalanan setelah menempuh perjalanan lebih kurang 30 menit," kata Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin yang juga ikut dalam rombongan Jokowi. 

Menurut Bey, mobil Mercedes Benz S-600 itu mogok karena bermasalah pada gasnya. Masalah tersebut membuat kendaraan tidak bisa berjalan dalam keadaan normal.

Menjadi mobil dinas presiden yang baru, berikut fakta tentang Mercedes-Benz S600 Guard milik Jokowi yang mogok:

1. Mobil mewah Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud Saat ke Indonesia

Kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud ke Indonesia tanggal 1 Maret 2017 lalu, menghebohkan seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu yang menjadi sorotan adalah mobil mewah yang ditunggangi sang Raja. 

Saat kedatangannya ke Indonesia, Raja diketahui menunggangi Mercedes-Benz S600 Guard. Tak hanya Raja Salam namun juga para penjaganya.

Mobil milik Raja Arab Saudi tersebut terlihat sangat elegan. Dengan balutan warna hitam, menambah kesan istimewa. Selain terlihat keren, mobil ini juga memiliki sistem keamanan tingkat tinggi.

2. Memiliki Tingkat Keamanan Tinggi
Mercedes-Benz S600 Guard diklaim memiliki fitur kemananan yang tinggi. Mobil ini juga diklaim bisa melindungi penumpang di ruang kabin dari peluru, granat dan bom, dikutip dari liputan6.com. 

Keunggulan yang dimiliki Mercedes-Benz S600 Guard ini tampaknya terletak pada material anti peluru, yang terbuat dari pelat baja di mana bahan tersebut menjadi pelapis untuk melindungi penumpangnya dari tembakan senjata api maupun bom.

Selain itu, kaca antipeluru dan run flat tyre (RTF) juga diadopsi untuk memaksimalkan keamanan penumpang. Di sisi lain untuk sektor dapur pacunya mobil ini dibekali dengan mesin yang sama dengan tipe S600 standar, yaitu teknologi V12 berkapasitas 6 liter. Namun, performanya lebih meningkat menjadi 530 hp bertujuan untuk mengatasi bobot tambahan pelat baja serta kaca anti peluru.

3. Jadi Kendaraan Presiden di Berbagai Negara
Reputasi sebagai produsen mobil yang menawarkan kendaraan antipeluru dan tahan bom memang sudah dimiliki sejak dulu oleh Mercedes Benz. Fitur-fitur keselamatan tersebut telah digunakan hampir diseluruh Mercedes Benz S Class. Bahkan seri Mercedes Benz S Class saat ini telah digunakan sebagai solusi dari kendaraan kepresidenan di berbagai negara.

Badan Federal Investigasi Kriminal Jerman (FOCI) juga telah memberi nilai rating tinggi untuk beberapa model produksi Mercy yang sudah sangat layak sebagai kendaraan diplomat. Salah satunya adalah model Mercedes-Benz S600 Guard VR10 dan ERV. Kendaraan ini termasuk salah satu di antara model-model dengan rating keamanan tertinggi.

4. Memiliki Sistem Pemadaman Api
Di seluruh bagian Mercedes-Benz S600 Guard dilapisi bahan antipeluru. Selain itu antipeluru yang menjadi andalan Mercedes-Benz S600 Guard, run-flat tyre juga menjadi fitur unggalan memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis. Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api.