Jumat, 05 Juli 2019 07:29

Honda Jazz Merajai Segmen Mobil Hatchback, Penjualan Suzuki Baleno Meningkat 

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Honda Jazz Merajai Segmen Mobil Hatchback, Penjualan Suzuki Baleno Meningkat 

Honda Jazz Merajai Segmen Mobil Hatchback, Penjualan Suzuki Baleno Meningkat 

RAKYATKU.COM - Pada data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), beberapa segmen pasar otomotif tanah air dihuni oleh produk PT Toyota Astra Motor (TAM), seperti MPV, SUV, dan Sedan.

Meski demikian, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga masih bertaji. Pada periode Mei 2019 lalu, Honda Jazz lagi-lagi menguasai segmen hatchback dengan penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) sebanyak 1.085 unit. Angka tersebut menunjukkan penurunan sebesar 168 unit dari periode April.

Di bawah Honda Jazz bertengger Toyota Yaris yang penjualannya juga menurun meski tak terlalu signifikan. Tercatat mobil berjuluk Yaris Joker ini terdistribusi sebanyak 743 unit di periode Mei 2019, sedangkan April 782 unit.

Satu-satunya penghuni segmen ini yang mengalami peningkatan penjualan wholesales ialah Suzuki Baleno. Setelah mencatatkan distribusi sebanyak 324 unit pada April 2019, penjualan mobil hatchback ini naik menjadi 346 unit di periode Mei.

Mazda 2 juga mengalami penurunan yang cukup siginifikan. Mobil seharga Rp280 jutaan ini terdistribusi sebanyak 112 unit pada Mei 2019 atau turun sebanyak 83 unit dari periode sebelumnya.

Sementara itu, mobil hatchback premium asal Jerman, Volkswagen Polo akhirnya mencatatkan distribusi, meski hanya 1 unit. Padahal, pada Maret 2019, penjualan wholesales mobil ini mencapai 14 unit, sebelum tanpa distribusi pada periode April.

Sumber: otosia.com