Kamis, 04 Juli 2019 13:17

Pengamat: Paket Appi-Ustaz Ije Bisa Jadi Alternatif yang Mengejutkan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Parepare Taufan Pawe (kiri) dan Ustaz Ije mengapit Munafri Arifuddin dalam sebuah kesempatan. (FOTO: ISTIMEWA)
Wali Kota Parepare Taufan Pawe (kiri) dan Ustaz Ije mengapit Munafri Arifuddin dalam sebuah kesempatan. (FOTO: ISTIMEWA)

Simulasi paket mulai meramaikan bursa calon wali kota dan wakil wali kota Makassar. Salah satu paket yang mengemuka adalah pasangan Munafri Arifuddin-Muhammad Iqbal Djalil.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Simulasi paket mulai meramaikan bursa calon wali kota dan wakil wali kota Makassar. Salah satu paket yang mengemuka adalah pasangan Munafri Arifuddin-Muhammad Iqbal Djalil.

Appi, sapaan akrab Munafri, disebut-sebut kembali akan bertarung di Pilwalkot 2020. Dia sudah punya modal popularitas saat maju Pilkada 2018 lalu.

Dia dianggap saling mengisi bila berpasangan dengan Ustaz Ije, sapaan legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Iqbal Djalil.

Pengamat politik dari Universitas Bosowa, Arief Witjaksono mengatakan, kendati politik identitas dinilai tidak akan berpengaruh di Pilwalkot Makassar 2020, akan tetapi kekuatan-kekuatan dari simpul organisasi kemasyarakatan berbasis agama tetap menjadi perhatian. 

Terkait dengan pasangan Appi-Ustaz Ije (sapaan Munafri Arifuddin dan Iqbal Djalil, menurut Arief, keduanya memiliki tarikan yang sama, yakni ke basis-basis umat. 

"Ustaz Ije yang mendapat dukungan dari ormas Islam yang tergabung dalam Forum Umat Islam Bersatu, akan dikuatkan dengan Pak Appi yang tarikan ke belakangnya adalah keluarga yang dekat dengan kalangan Nahdlatul Ulama," ungkapnya saat dihubungi wartawan. 

Kendati demikian, Arief Witjakson menyebutkan, dukungan dari FUIB untuk Ustaz Ije jelas menjadi kekuatan tersendiri. 

"Tapi kondisi saat ini masih cair, pasangan Appi-Ije bisa menjadi alternatif yang mengejutkan," katanya.