Kamis, 06 Juni 2019 06:00

Wanita ini Kehilangan Semua Jari dan Tangan Kananya Akibat Sepsis

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
MDW Features
MDW Features

Rachael Acuff terpaksa menjalani amputasi bertahap untuk menghentikan infeksi mematikan itu menyebar ke seluruh tubuhnya.

RAKYATKU.COM - Seorang wanita AS harus rela kehilangan 10 jari kaki dan tangan kanannya karena infeksi sepsis.

Rachael Acuffterpaksa menjalani amputasi bertahap untuk menghentikan infeksi mematikan menyebar ke seluruh tubuhnya.

Acuff pertama kali pergi ke rumah sakit pada bulan Juni 2018 setelah memperhatikan darah dalam urinnya.

Setelah menjalani pemeriksaan, dia dibius selama tiga minggu, dan begitu bangun dia baru diberitahu tentang penyakitnya.

"Ketika saya bangun, ibu saya menjelaskan kepada saya bahwa saya mengalami syok septik, DIC (disseminated intravascular coagulation) dan sindrom syok toksik dari sumber yang tidak diketahui.”

Acuff mengatakan bahwa dia dirawat dengan empat antibiotik saat berada di unit perawatan intensif rumah sakit. Pada satu titik dia harus menggunakan ventilator, selang makanan, dan dialisis untuk mengobati gagal ginjal.

Dia akhirnya dipindahkan dari ICU sebelum dikirim pulang setelah 46 hari di rumah sakit. Tetapi kerusakan akibat infeksi telah mendatangkan malapetaka di tangan dan kakinya.

Pada Agustus 2018, ia memulai amputasi, yang berlanjut hingga bulan lalu.

Dokter mulai dengan pengangkatan jaringan mati pada empat jari di tangan kirinya, diikuti dengan pengangkatan jaringan mati di kelima jari di tangan kanannya.

Pada bulan September, ia mengalami amputasi semua 10 jari kakinya.

Pada bulan Maret tahun ini, Acuff harus kehilangan jari kelingking kanannya. Dan dua minggu yang lalu, tangan kanannya (dua inci di atas pergelangan tangan) harus diamputasi.

Berbicara pada media, Acuff mengatakan bahwa penyakitnya membuat imannya tumbuh lebih kuat, begitu pun hubungannya dengan Tuhan.

"Saya telah belajar untuk menyerap setiap momen baik dan buruk," katanya kepada MDW Features.

Dia mengatakan bahwa dia membagikan kisahnya dengan harapan untuk mendorong orang lain untuk berbicara demi kesehatan mereka sendiri.

Sepsis adalah komplikasi berbahaya akibat infeksi. Komplikasi infeksi tersebut dapat menimbulkan tekanan darah turun drastis serta kerusakan pada banyak organ.

Pada saat terjadi infeksi, sistem kekebalan tubuh akan aktif untuk melawan penyebab infeksi. Dan ketika sistem kekebalan tubuh ini melawan infeksi secara tidak terkendali, saat itulah sepsis muncul.