Minggu, 02 Juni 2019 10:31

Obat Baru ini Bisa Memperpanjang Usia Pasien Kanker Payudara

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
INT
INT

Sebuah obat 'ajaib' mampu meningkatkan tingkat kelangsungan hidup wanita muda yang menderita jenis kanker payudara yang paling umum.

RAKYATKU.COM - Sebuah obat 'ajaib' mampu meningkatkan tingkat kelangsungan hidup wanita muda yang menderita jenis kanker payudara yang paling umum.

Temuan ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society of Clinical Oncology di Chicago.

Menurut peneliti, hasil uji klinis internasional menunjukkan bahwa 'ribociclib' mampu meningkatkan tingkat kelangsungan hidup hingga 70 persen setelah tiga setengah tahun.

Setelah didiagnosis menderita kanker payudara stadium lanjut, di mana tumor telah menyebar ke organ lain, wanita biasanya hanya akan bertahan hidup dua atau tiga tahun.

Tetapi beberapa wanita masih bisa hidup tujuh tahun setelah menjalani pengobatan ribociclib.

Rupanya, obat ini bekerja dengan menghambat aktivitas enzim yang mempromosikan sel kanker.

Perawatan ini diklaim kurang beracun daripada kemoterapi karena lebih selektif menargetkan sel kanker, dan menghalangi kemampuan mereka untuk berkembang biak.

Penulis utama penelitian, Sara Hurvitz mengatakan kepada AFP bahwa penelitian ini berfokus pada bentuk kanker payudara yang dipicu oleh hormon estrogen. Ini adalah jenis kanker payudara yang menyumbang dua pertiga dari semua kasus di kalangan wanita muda.

Percobaan ini disponsori oleh perusahaan farmasi Novartis, yang telah mengembangkan ribociclib dengan nama Kisqali.

Kanker payudara adalah penyebab utama kematian akibat kanker di kalangan wanita berusia 20 hingga 59 tahun.