Sabtu, 11 Mei 2019 23:30

Inilah Salat Sunnah yang Perlu Dilakukan di Ramadhan

Eka Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Inilah Salat Sunnah yang Perlu Dilakukan di Ramadhan

Bulan Ramadan, adalah bulan suci karena pahalanya yang berlipat ganda. Oleh karena itu, selain memperbanyak amal baik, umat muslim juga perlu memperbanyak salat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan

RAKYATKU.COM --- Bulan Ramadan, adalah bulan suci karena pahalanya yang berlipat ganda. Oleh karena itu, selain memperbanyak amal baik, umat muslim juga perlu memperbanyak salat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan

Berikut ini, salat sunnah yang perlu dilakukan saat bulan Ramadan seperti yang dirangkum Rakyatku.com dari berbagai sumber. 

1. Salat Tasbih
Salat Tasbih adalah salah satu salat sunnah yang baik dilakukan saat bulan Ramadhan. salat Tasbih ini dilakukan dengan membaca kalimat “Subhanallahu wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 300 kali dalam 4 raka’at, yaitu dilakukan 75 kali tasbih setiap raka’atnya. 

Tata cara salat Tasbih kurang lebih sama dengan salat sunnah lainnya, namun yang membedakannya adalah bacaan Tasbih yang dilantunkan setiap melakukan gerakan salat. salat Tasbih ini boleh dilakukan pada siang hari atau malam hari. Jika dilakukan di siang hari, salat Tasbih ini dilakukan 4 raka’at dengan sekali salam, namun jika dilakukan saat malam hari, dilakukan dua kali salam.

Salat Tasbih sangat dianjurkan untuk paling tidak pernah melakukan salat Tasbih sekali dalam seumur hidup. Saat bulan Ramadhan ini, kamu bisa melakukan salat Tasbih seusai salat Tarawih.

Salat Tasbih ini akan sangat berguna untuk mengisi timbangan amal saat perhitungan di hari akhir. Selain itu, salat Tasbih juga bisa menjadi penghapus dosa, penghindar kesedihan dan penyakit berat. Bahkan, di surga kelak, umat Muslim yang melaksanakan salat Tasbih dijanjikan satu pohon kurma di Surga.

2. Salat Tahajud
Salat Tahajud memang sangat disarankan untuk dilakukan kapan pun. Salat yang dilaksanakan di tengah malam setelah bangun tidur dan sebelum subuh ini sangat baik dan efektif dilakukan pada bulan Ramadhan ini. Sebelum menyantap makan sahur, ada baiknya kamu melaksanakan salat Tahajud dengan minimum 2 raka’at dengan maksimal tidak terbatas. 

Namun, untuk melakukan salat Tahajud ini pastikan terlebih dahulu kamu sudah tertidur sebelumnya, walaupun hanya tidur singkat. salat Tahajud ini sangat bermanfaat untuk menghindari dari berbagai bencana, keringanan hisab, jaminan masuk surga, menenangkan pikiran, menjaga kesehatan, mengangkat derajat, menyinari wajah, serta bisa mengabulkan doa dan permintaan.

3. Salat Dhuha
Saat bulan Ramadhan ini, cobalah untuk memperbanyak salat sunnah, seperti salat Dhuha yang dilakukan setelah matahari terbit menjelang salat Dhuhur. Salat Dhuha ini bisa kamu lakukan setibanya di kantor, yaitu sekitar pukul 9 pagi sebelum memulai aktivitas. Salat Dhuha ini sangat berguna untuk membangun rumah di surga, dan bahkan pahalnya setara dengan pahala ibadah Umrah.

4. Salat Taubat
Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Nah, untuk menghapus dosanya tersebut disarankanlah untuk melakukan Salat Taubat untuk meminta ampun dari Allah. Salat Taubat ini disarankan dilakukan di malam hari setelah salat Tarawih untuk mendapatkan waktu yang khusyu dan tenang. Bahkan, untuk orang yang benar-benar bersungguh-sungguh untuk bertaubat akan lahir kembali layaknya seorang bayi yaitu tanpa dosa.

5. Salat Qabliyah dan Salat Ba’diyah
Ada baiknya pula setiap sebelum dan sesudah salat wajib untuk melaksanakan salat sunnah Qabliyah dan Ba’diyah. salat Qabliyah dilakukan sebelum salat wajib sedangkan salat Ba’diyah setelah salat wajib. Setiap waktu salat memiliki raka’at dan aturan salat Qabliyah dan salat Ba’diyahnya masing-masing. salat ini sangat berguna untuk membangun rumah atau istana di Surga.

6. Salat Wudhu
Setelah berwudhu, ada baiknya juga untuk melakukan Salat Wudhu yang sangat berguna untuk menghapus dosa-dosa sebelumnya. salat Wudhu dilakukan dua raka’at sebelum melakukan salat Qabliyah dan juga sebelum melaksanakan salat wajib lima waktu.

7. Salat Tahiyatul Masjid
Saat bulan Ramadhan biasanya kunjungan ke Masjid menjadi lebih sering, terutama saat melaksanakan salat Tarawih. Oleh karena itu, saat tiba di Masjid, ada baiknya untuk langsung melakukan salat Tahiyatul Masjid dua raka’at sebelum duduk di masjid tersebut.

8. Salat Tarawih

Salat Tarawih adalah salat yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan karena salat Tarawih ini hanya bisa dilakukan pada bulan Ramadhan. Salat Tarawih ini sangat dianjurkan untuk dilakukan berjama’ah di masjid dengan minimum raka’at 11. salat Tarawih ini sangat berbeda-beda manfaatnya setiap harinya, mulai dari mengampuni dosa diri sendiri, mengampuni dosa orang tua, pahala yang sama dengan pahala ibadah Nabi Muhammad dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk tidak pernah meninggalkan salat Tarawih di bulan Ramadhan ini.

9. Salat Hajat

Setiap orang pasti memiliki permintaannya masing-masing. Dalam Islam, permohonan yang paling baik adalah ditujukan kepada Allah, salah satunya dengan melakukan Salat Hajat. Salat Hajat boleh dilakukan siang atau malam hari dengan tujuan untuk mengambulkan permintaan dan juga mengusir kesulitan dalam mencapai tujuan atau permintaan tersebut.