Jumat, 10 Mei 2019 13:55

Twitter Tangguhkan 166.000 Akun Berkonten Terorisme

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Twitter Tangguhkan 166.000 Akun Berkonten Terorisme

Twitter membuat kemajuan dalam menangani konten terorisme online di platformnya karena menangguhkan lebih dari 166.000 akun pada paruh kedua tahun lalu.

RAKYATKU.COM - Twitter membuat kemajuan dalam menangani konten terorisme online di platformnya karena menangguhkan lebih dari 166.000 akun pada paruh kedua tahun lalu.

Bersama dengan Facebook dan Google, Twitter berada di bawah tekanan dari regulator dan pemerintah di seluruh dunia untuk menghapus konten ekstremis lebih cepat atau menghadapi undang-undang yang lebih berat, dikutip dari Asia One, Jumat (10/5/2019).

Mengumumkan laporan transparansi terakhirnya, perusahaan mengatakan alat teknisnya menghasilkan hasil, dengan 91 persen akun yang mempromosikan konten terorisme ditangguhkan secara proaktif oleh teknologi internal, yang sebagian besar terjadi sebelum tweet pertama mereka karena data yang digunakan untuk mengaturnya dinaikkan menjadi merah bendera.

Twitter menangguhkan 166.153 akun antara Juli dan Desember lalu karena mempromosikan terorisme, turun 19 persen dari 205.156 akun yang ditangguhkan dalam enam bulan sebelumnya.

"Penurunan tajam ini merupakan indikasi tren yang lebih besar yang sekarang kita amati - dari tahun ke tahun jumlah organisasi teroris yang berusaha menggunakan layanan kami berkurang," Sinead McSweeney, wakil presiden Twitter untuk kebijakan publik mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Ini dapat dikaitkan dengan pendekatan teknis yang kuat yang telah kami tingkatkan selama bertahun-tahun. Kami didorong oleh metrik ini tetapi akan tetap waspada, ”katanya.