Sabtu, 02 Maret 2019 03:30

Lebih Baik Mana, Perkecil atau Perbesar Ban?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lebih Baik Mana, Perkecil atau Perbesar Ban?

Demi menunjang performa dan penampilan, banyak pemilik motor mengubah ukuran ban dari anjuran pabrikan. 

RAKYATKU.COM - Demi menunjang performa dan penampilan, banyak pemilik motor mengubah ukuran ban dari anjuran pabrikan. 

Memperbesar dan memperkecil ukuran ban nyatanya punya pengaruh besar terhadap keamanan hingga performa dari motor. Pada dasarnya memperbesar ukuran ban jauh lebih baik daripada memperkecil. 

"Sebenarnya berbicara positif dan negatifnya, memperbesar ban lebih besar positifnya tapi kalau mengecilkan ban lebih besar negatifnya," kata kata Departemen Training and Sales PT Sumi Rubber Indonesia, Ibnu Baskoro, dikutip Detik.com.

Alasannya, makin besar ban motor maka akan makin mudah memikul ban motor. Akan tetapi, tentunya akan mengurangi performa mesin karena lebih berat memutar ban.

"Karena seiring dengan dimensinya motor dan besarnya mesin pasti seiring dengan ukuran bannya karena ada bobot yang dia pikul, yang kedua dari segi kecepatan karena semakin kecil ukuran bannya maka kemampuannya menyangga beban itu jauh lebih kecil kemampuannya," bebernya.

Dari segi keamanan, juga diragukan terlebih pada motor dengan mesin besar. "Jadi sangat disayangkan ada motor-motor 250cc ke atas menggunakan ban cacing itu sangat tidak safety," ujar Ibnu.

Ibnu mengatakan, penggunaan ban cacing sangat tidak dianjurkan atas dasar apapun. "Yang utama adalah safety dulu baru modifikasi. Itu sangat tidak kami anjurkan karena tidak sesuai dengan kapasitas beban dan kecepatannya," ucapnya.