Minggu, 24 Februari 2019 08:00

Vaksin Bisa Menghilangkan Kanker Serviks

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ilustrasi. FOTO: Pixabay
ilustrasi. FOTO: Pixabay

Peningkatan cepat vaksin human papillomavirus (HPV) dapat menghilangkan kanker serviks di beberapa negara kaya dalam tiga dekade, dan di sebagian besar negara lain pada akhir abad ini, kata para penel

RAKYATKU.COM - Peningkatan cepat vaksin human papillomavirus (HPV) dapat menghilangkan kanker serviks di beberapa negara kaya dalam tiga dekade, dan di sebagian besar negara lain pada akhir abad ini, kata para peneliti.

Tanpa skrining dan vaksinasi HPV, lebih dari 44 juta wanita kemungkinan akan didiagnosis dengan penyakit ini selama 50 tahun ke depan. Hasil penelitian ini dilaporkan dalam The Lancet Oncology, sebuah jurnal medis.

Dua pertiga dari kasus ini -dan diperkirakan 15 juta kematian- akan terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, dikutip dari Asia One, Minggu (24/2/2019).

Sebaliknya, penyebaran skrining dan vaksinasi yang dimulai pada tahun 2020 dapat mencegah lebih dari 13 juta kanker serviks pada pertengahan abad di seluruh dunia. Dan menurunkan jumlah kasus menjadi di bawah empat per 100.000 wanita, demikian temuan studi tersebut.

"Ini adalah ambang batas potensial untuk mempertimbangkan kanker serviks untuk dihilangkan sebagai masalah kesehatan masyarakat yang utama," kata para penulis dalam sebuah pernyataan.

Awal bulan ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan 570.000 kasus baru di seluruh dunia pada tahun 2018, menjadikannya kanker paling umum keempat bagi wanita setelah kanker payudara, usus besar dan paru-paru.

Penyakit ini merenggut nyawa lebih dari 300.000 wanita setiap tahun, kebanyakan di negara-negara berpenghasilan rendah.

"Terlepas dari besarnya masalah, temuan kami menunjukkan bahwa eliminasi global masih dalam jangkauan," kata pemimpin penulis Karen Canfell, seorang profesor di Dewan Kanker New South Wales, di Sydney.

Namun, mencapai tujuan itu tergantung pada "baik cakupan tinggi vaksinasi HPV dan skrining serviks," tambahnya.

[NEXT]

Ditularkan secara seksual, HPV sangat umum dan mencakup lebih dari 100 jenis virus, setidaknya 14 di antaranya merupakan penyebab kanker.

Virus-virus itu juga telah dikaitkan dengan kanker anus, vulva, vagina dan penis.

Dibutuhkan 15 hingga 20 tahun bagi kanker serviks untuk berkembang pada wanita dengan sistem kekebalan normal. Jika sistem kekebalan tubuh lemah atau terganggu - oleh infeksi HIV, misalnya - kanker dapat berkembang jauh lebih cepat.

Uji klinis menunjukkan bahwa vaksin HPV aman dan efektif terhadap dua jenis HPV - tipe 16 dan 18 - bertanggung jawab atas 70 persen kasus kanker serviks.

Proyeksi penelitian ini mengasumsikan vaksinasi 80 persen anak perempuan berusia 12 hingga 15 tahun mulai tahun 2020, dan bahwa setidaknya 70 persen perempuan menjalani skrining dua kali dalam hidup mereka.

Ini akan mendorong prevalensi penyakit di bawah standar 4 / 100.000 wanita di negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan Prancis pada tahun 2059, dan di negara-negara berpenghasilan menengah seperti Brasil dan Cina pada tahun 2069, para penulis menghitung.