Minggu, 27 Januari 2019 08:53

PM Kanada Pecat Duta Besar untuk China di Tengah Kontroversi Huawei

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Justin Trudeau (kanan) menunjuk John McCallum sebagai duta besar untuk Cina pada tahun 2017 (Reuters)
Justin Trudeau (kanan) menunjuk John McCallum sebagai duta besar untuk Cina pada tahun 2017 (Reuters)

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau memecat duta besar untuk China, John McCallum.

RAKYATKU.COM - Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau memecat duta besar untuk China, John McCallum.

Dalam sebuah pernyataan, Trudeau mengatakan bahwa dia telah meminta John McCallum untuk mundur, tapi tidak memberikan alasannya.

"Tadi malam saya meminta dan menerima pengunduran diri John McCallum sebagai duta besar Kanada untuk China," katanya, dikutip BBC.

Dia mengatakan bahwa diplomat veteran itu telah melayani orang-orang Kanada dengan terhormat dan dengan berbagai posisi di kabinet. Dia juga berterima kasih kepadanya dan keluarganya atas layanan mereka.

Pemecatan McCallum dilakukan setelah dia melontarkan komentar kontroversial tentang kasus ekstradisi yang melibatkan eksekutif senior dari raksasa telekomunikasi China, Huawei.

Pada hari Selasa dia secara terbuka menyatakan bahwa permintaan ekstradisi AS untuk Meng Wanzhou benar-benar cacat.

Hari berikutnya dia mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa dia "salah bicara" dan menyesal karena komentarnya telah menciptakan kebingungan.

Tapi pada hari Jumat ia mengatakan bahwa akan "bagus untuk Kanada" jika AS membatalkan permintaan ekstradisi terhadap Meng.

Meng Wanzhou ditangkap di Kanada pada bulan Desember atas permintaan AS, karena dituduh oleh AS menghindari sanksi terhadap Iran.

Dia kemudian dibebaskan dengan jaminan oleh pengadilan Kanada, namun jaksa AS diharapkan akan mengajukan permintaan ekstradisi resmi pada Kanada segera.

Kasus Meng telah menyebabkan meningkatnya ketegangan diplomatik antara Kanada dan Tiongkok.

Awal bulan ini, seorang pria Kanada dijatuhi hukuman mati di China atas pelanggaran narkoba. Dua orang Kanada lainnya ditangkap setelah penahanan Meng.

Kementerian luar negeri Cina telah mendesak para pejabat AS untuk menarik perintah penangkapan dan menahan diri untuk tidak melanjutkan permintaan ekstradisi.