Selasa, 22 Januari 2019 22:53

Lantik 55 Relawan Demokrasi, Ini Harapan Ketua KPU Bantaeng

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lantik 55 Relawan Demokrasi, Ini Harapan Ketua KPU Bantaeng

Sebanyak 55 relawan demokrasi (Relasi) dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten Bantaeng, Hamzar di Aula Husni Kamil Manik Kantor KPU Kabupaten Bantaeng, Selasa (22/1/2019).

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Sebanyak 55 relawan demokrasi (Relasi) dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten Bantaeng, Hamzar di Aula Husni Kamil Manik Kantor KPU Kabupaten Bantaeng, Selasa (22/1/2019).

Mereka akan disebar dalam 10 basis sasaran sosialisasi, yaitu basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan dan basis warganet.

Sebagai penanda awal dalam menjalankan tugas sebagai Relawan Demokrasi, ditandai dengan penyematan secara simbolis baju rompi oleh Wakil Bupati Bantaeng, Sahabuddin, kepada yang telah dilantik.

Ketua KPU Kabupaten Bantaeng, Hamzar, memaparkan bahwa sejak dibukanya pendaftaran Relawan Demokrasi selama 3 hari, ada 159 orang yang mengembalikan formulir pendaftaran. 

"Hal ini menjadi isyarat bahwa ternyata masih banyak orang yang ingin menjadi relawan dalam menyukseskan Pemilu 2019," ungkapnya. 

"Para relawan demokrasi ini bisa menjadi mitra KPU Bantaeng dalam melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih," tuturnya.

Hadirnya Relasi ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran politik pemilih serta dapat meningkatkan partisipasi pemilih di Kab. Bantaeng sehingga tingkat partisipasi pemilih yang ditargetkan oleh KPU Kab. Bantaeng sebayak 82 persen dapat tercapai.

"Hadirnya Relawan Demokrasi ini menjadi salah satu pioneer terdepan dalam melakukan penyadaran politik kepada setiap pemilih, sehingga setiap pemilih datang ke TPS menggunakan hak pilihnya dengan penuh kesadaran," kata Wakil Bupati Bantaeng, Sahabuddin.

Setelah pelantikan, dilanjutkan dengan orientasi tugas secara singkat oleh Komisioner KPU Bantaeng, yang juga turut dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Syarifuddin Djurdi.

Pembekalan terhadap Relawan Demokrasi dalam bentuk Training of Trainer akan dilanjutkan pada 24-25 Januari 2019 di Hotel Ahriani, Bantaeng.

Turut hadir pada kegiatan pelantikan di antaranya Wakil Ketua DPRD  Bantaeng, Kapolres Bantaeng AKBP Adip rojikan, Dandim 1410 Bantaeng Letkol Kav Nanang Siswoko, Kasiintel Kajari Bantaeng, Ketua Bawaslu Bantaeng Muh Saleh, camat se-Kabupaten Bantaeng dan OPD terkait.