Rabu, 23 Januari 2019 00:01

Lebih Singkat dari Bumi, NASA Ungkap Waktu Satu Hari di Saturnus

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Saturnus. (Foto: NASA)
Saturnus. (Foto: NASA)

Berapa lama satu hari di planet Saturnus? Menurut hasil penelitian yang dikeluarkan NASA, satu hari di Saturnus memiliki durasi 10 jam, 33 menit dan 38 detik.

RAKYATKU.COM - Berapa lama satu hari di planet Saturnus? Menurut hasil penelitian yang dikeluarkan NASA, satu hari di Saturnus memiliki durasi 10 jam, 33 menit dan 38 detik, jauh lebih singkat dari Bumi (24 jam). 

Hasil ini diperoleh usai dipelajari menggunakan data yang dikumpulkan oleh wahana antariksa Cassini yang menerima pada September 2017.

Dalam penelitian ini, peneliti tidak melihat planet Saturnus secara langsung, melainkan melihat pergerakan cincinnya. Ide ini pertama kali digagas pada 1982, tetapi baru berhasil mencoba misi yang dijalankan Cassini.

"Peneliti menggunakan gelombang di cincin untuk mengintip ke dalam interior Saturnus dan muncul lah yang fundamental planet yang telah lama dicari," kata Cassini Project Scientist, Linda Spilker seperti dikutip dari Space.

"Dan itu merupakan hasil yang mantap. Cincin itu yang berhasil diselesaikan," tuturnya.

Durasi satu hari di Saturnus sulit ditentukan karena bentuknya yang merupakan planet gas. Memungkinkan peneliti tidak bisa hanya menunggu planet ini berotasi dan memperbarui landmark, seperti yang mereka lakukan dengan planet berbatu.

Selain itu, kemiringan medan magnet Saturnus juga tidak dapat digunakan untuk menghitung durasi satu pertemuan. Hal ini karena medan ini dalam posisi hampir sejajar dengan rotasi, sehingga mengubah perhitungan mereka. 

Hal ini membuat perhitungan kasar dari para peneliti yang cukup jauh dari hasil temuan baru ini, yaitu antara 10 jam, 36 menit dan 10 jam, 48 menit.