Rabu, 23 Januari 2019 04:00

Mengenal Gejala Kanker Usus yang Diderita Istri Ustaz Maulana

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kanker usus jadi penyebab meninggalnya Nuraliyah Ibnu Hajar, istri Ustaz Muhammad Nur Maulana. Nuraliyah tutup usia pada Minggu (20/01/2019).

RAKYATKU.COM - Kanker usus jadi penyebab meninggalnya Nuraliyah Ibnu Hajar, istri Ustaz Muhammad Nur Maulana. Nuraliyah tutup usia pada Minggu (20/01/2019) di RS Bhayangkara Makassar, Sulawesi Selatan. 

Menurut Ustaz Maulana, kanker usus sudah menggerogoti tubuh istrinya sejak tujuh tahun silam, namun baru diketahui pada tahun lalu.

Sebagian besar kanker usus stadium awal memang tidak menunjukkan gejala yang khas. Hal ini membuat banyak penderita tidak menyadarinya, sehingga mereka tidak mendapatkan penanganan yang optimal. 

Biasanya mereka baru menyadari gejala saat kanker sudah telanjur menyebar ke organ tubuh lain. Padahal, harapan hidup akan lebih tinggi bila kanker usus ditemukan pada stadium awal.

Usus merupakan bagian dari saluran pencernaan, yang terdiri atas usus halus dan usus besar. Masing-masing memiliki peran yang berbeda. 

Usus halus yang berfungsi menyerap nutrisi dari proses pencernaan terdiri dari tiga bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), bagian tengah usus (jejunum), dan bagian akhir usus (ileum).

Sementara itu, usus besar terdiri atas sekum yang merupakan kantong di bagian awal usus besar dan rektum yang berguna sebagai tempat menyimpan kotoron sebelum keluar melalui anus. 

Fungsi usus besar adalah membuang kandungan elektrolit di dalam tubuh yang tidak tercerna dan membentuk akhir pembuangan agar mudah dikeluarkan dari tubuh.

Kanker usus dapat menyerang usus halus atau usus besar. Masing-masing penyakit kanker ini mempunyai tanda dan gejala yang berbeda. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Gejala kanker usus halus

-Perubahan tekstur feses menjadi lebih padat atau lebih encer
-Buang air besar berdarah
-Perut kembung
-Nyeri perut
-Kram di perut
-Berat badan turun tanpa sebab
-Anemia

Jika Anda merasa memiliki tanda atau gejala tersebut, segera konsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut. 

Dengan mewaspadai gejala kanker usus, Anda dapat mendeteksi penyakit ini lebih awal dan mencegah terjadinya penyebaran ke organ tubuh lainnya. 

Makin awal penyakit diketahui, maka makin mudah pengobatan yang akan dilakukan dan peluang untuk sembuh juga semakin besar.

Faktor risiko yang harus diwaspadai
Ada sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker usus halus, yaitu:

-Usia di atas 60 tahun
-Keturunan
-Pola makan tinggi lemak
-Merokok
-Konsumsi alkohol
-Tinggal atau bekerja di lingkungan yang tinggi kandungan kimianya, misalnya phenoxyacetic acid dalam pestisida

Sementara itu, faktor risiko terjadinya kanker usus besar adalah:
-Usia di atas 50 tahun
-Keturunan
-Pola makan tinggi lemak  
-Merokok
-Konsumsi alkohol
-Obesitas
-Pernah menderita penyakit radang usus
-Riwayat diabetes tipe 2

Kanker usus yang dialami oleh istri Ustaz Maulana bisa terjadi pada siapa saja. Untuk itu, cegahlah dengan mengindari beberapa faktor risiko yang telah disebutkan.  

Jagalah pola makan, berhenti merokok, dan batasi konsumsi alkohol. Selain itu, olahraga rutin minimal 30 menit sehari juga penting untuk memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Sumber: KlikDokter