Jumat, 18 Januari 2019 15:27

KSOP Parepare Pastikan MT Golden Pearl XIV Alami Kerusakan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Warga Parepare menimba tumpahan solar di laut Soreang, Kamis (10/1/2019).
Warga Parepare menimba tumpahan solar di laut Soreang, Kamis (10/1/2019).

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare telah memeriksa nakhoda kapal tanker MT Golden Pearl XIV.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare telah memeriksa nakhoda kapal tanker MT Golden Pearl XIV.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli KSOP Parepare, Germas mengatakan, dari hasil BAP dinyatakan bahwa kapal mengalami kerusakan di bagian LO Cooler (pendingin generator kapal).

"Terdapat tiga generator yang ada di kapal MT Golden Pearl XIV dan satu di antaranya mengalami kerusakan dan minyaknya merembes ke laut. Kapasitas kurang lebih 600 liter," ungkap Germas saat ditemui di Kantor KSOP Parepare, Jumat (18/1/2019).

Diduga dari kerusakan Lube Oil (LO) Cooler yang rusak membuat Marine Diesel Oil (MDO) juga bocor dan berujung tumpahan di laut Parepare.

Kapal tanker MT Golden Pearl, menurut Gesmar, dari laporan administrasi yang diterimanya sudah diperbaiki sebelum kapal tersebut meninggalkan jetty TBBM Parepare.

Ketika dikonfirmasi mengenai apakah terjadi kebocoran di lambung kapal, Kepala KSOP Parepare, Dahlan Museng Gappa membantah.

"Tidak ada kebocoran di lambung kapal. Kebocoran kemungkinan dari pipa pembuangan dari LO Coller kapal," ujar dia.

Sebelumnya, Unit Manager Comunication and CSR MOR VII , Roby Hervindo memjelaskan dari data Pertamina setidaknya ada 800 liter minyak yang tumpah di perairan Parepare.

Kapal tanker MT Golden Pearl menjadi sorotan pasca menimbulkan tumpahan minyak di Laut Parepare saat mengangkut 6.600 KL minyak ke Parepare.