Minggu, 13 Oktober 2024 21:04
Editor : Syukur Nutu

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulsel menggelar kegiatan Jalan Sehat sebagai salah satu rangkaian acara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel ke-355. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 13 Oktober 2024, dengan rute sepanjang 3,55 kilometer, sesuai dengan usia Sulsel.

 

"Harapan dan doa saya selalu peserta dari 24 kabupaten dan kota selalu dalam keadaan sehat wal afiat, selalu dalam keadaan berbahagia," kata Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan sebelum melepas peserta. 

"Kita hadir bersama merayakan ulang tahun Sulsel yang ke-355, usia yang sangat dewasa," lanjutnya.

Baca Juga : Pecahkan Rekor MURI, Jalan Sehat HUT Sulsel Diikuti 535.500 Warga

Jalan sehat ini berhasil memecahkan catatan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai peserta jalan serentak terbanyak, dari sebelumnya 420.412 menjadi 535.500 peserta pada hari Minggu, 13 Oktober 2024.

 

Selain di Kota Makassar, juga dilaksanakan serentak di 23 kabupaten dan kota lainnya.

Verifikasi dilakukan oleh petugas MURI, Ketua Tim Verifikator Triyono dan Anggota Tim Verifikator Suzangga.

Baca Juga : Harumkan Sulsel pada MTQ Nasional, Pemprov Realisasikan Bonus kepada Peraih Juara

"Memverifikasi dan memonitor bahwa kegiatan jalan sehat yang dilakukan serentak di 24 kabupaten dan kota ini melibatkan tidak kurang dari 535.500 peserta. Oleh karenanya, ini akan tercatat dalam sejarah Museum Rekor Dunia Indonesia," kata Triyono.

Sertifikat diserahkan kepada Penjabat Gubernur Sulsel dengan piagam nomor 1156/R.MURI/XI/2024. "Atas rekor Jalan Sehat Secara Serentak Peserta Terbanyak di Indonesia dengan bangganya diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan," lanjutnya.

Kegiatan Jalan Sehat ini dimulai pada pukul 06.30 WITA, dengan rute start Jalan Sudirman - Jalan Haji Bau - Jalan Arif Rate - Jalan Ahmad Yani - lalu finish kembali di Jalan Sudirman. Peserta berasal dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum, ASN, hingga pelajar.

Baca Juga : Gubernur Prof Zudan Lantik 7 Anggota KPID Sulsel

Acara ini dihadiri oleh Pj Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Ninuk Triyanti Zudan, Ketua dan Wakil Ketua Sementara DPRD Sulsel, Kapolda Sulsel, Pimpinan Forkopimda, serta kepala daerah dari 24 kabupaten dan kota.

"Kami di Kabupaten Bone 16.000 lebih untuk yang mendaftar online. Kita juga menyediakan hadiah dipelaksanaan lokal di sini dari bantuan Bank Sulselbar dan forum perbankan," ujar Pj Bupati Bone, Andi Winarno.

Jalan Sehat ini tidak hanya memeriahkan perayaan ulang tahun provinsi, tetapi juga mendorong pola hidup sehat di masyarakat. Acara ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi antarwarga serta mempererat rasa kebersamaan dan cinta terhadap daerah.

Baca Juga : HUT Sulsel Ke-355, Penjabat Gubernur Prof Zudan Buka Pertandingan Olahraga

Panitia menyiapkan beragam acara hiburan dan doorprize menarik. Pemenang hadiah utama tiga unit motor adalah Asse Daeng Ngungi dari Kampung Boka, Kabupaten Gowa dan Irwan Rachmad dari Gantarang, Kabupaten Gowa serta Rulhy Amada S dari Kota Makassar. Nama-nama pemenang lainnya dapat dilihat di website www.sulselprov.go.id dan diambil di cabang Dinas Pendidikan masing-masing daerah.

"Senang sekali ikut jalan sehat ini, selain dapat sehatnya juga dapat doorprizenya, terima kasih Prof. Zudan, semoga selalu dilaksanakan," kata Nur Azizah, salah satu peserta yang mendapatkan doorprize.

Diharapkan kegiatan ini mampu mempererat hubungan antara pemerintah dan masyarakat dalam suasana yang penuh kegembiraan.